Senin 19 Jul 2021 18:42 WIB

EU Evaluasi Penggunaan Obat Kineret untuk Pasien Covid-19

Dua uji klinis berlangsung untuk buktikan khasiat-keamanan Kineret bagi pasien Covid.

Kineret (anakinra), obat radang sendi yang tengah dievaluasi penggunaannya untuk merawat pasien Covid-19 dewasa.
Foto:

Kineret mengurangi aktivitas sistem kekebalan. Substansi aktifnya memblokir aktivitas messenger kimia dalam proses imun yang mengakibatkan inflamasi.

"Diperkirakan, obat ini juga dapat membantu mengurangi peradangan dan kerusakan jaringan yang terkait dengan Covid-19," kata EMA, seraya menambahkan bahwa hasil evaluasi diperkirakan akan keluar pada Oktober.

Sementara itu, awal Juli lalu, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) merekomendasikan penggunaan Actemra (tocilizumab) produksi Roche dan Kevzara (sarilumab) dari Sanofi untuk pasien infeksi virus corona jenis baru (Covid-19) dengan gejala parah. Obat radang sendi tersebut diberikan berbarengan dengan kortikosteroid.

WHO melalui siaran pers menyebutkan, langkah tersebut berdasarkan pada temuan dari meta-analisis prospektif dan jaringan hidup yang dipeloporinya, analisis obat-obatan terbesar hingga saat ini. Obat anti Interleukin-6 adalah obat pertama yang ditemukan ampuh melawan Covid-19 sejak kortikosteroid direkomendasikan WHO pada September 2020.

"Pasien Covid-19 parah atau kritis kerap mengalami reaksi berlebihan dari sistem kekebalan tubuh, dapat sangat membahayakan kesehatan pasien. Obat anti Interleukin-6 - tocilizumab dan sarilumab - bertindak untuk menekan reaksi berlebihan ini," dikutip dari siaran pers WHO, Rabu (7/7).

Keputusan datang setelah data dari sekitar 11 ribu pasien Covid-19 yang menggunakan salah satu dari obat arthritis itu bersama dengan kortikosteroid memperlihatkan risiko kematian yang lebih rendah. Tim dari WHO telah mengevaluasi terapi dengan obat interleukin-6 ini dan hasilnya menunjukkan bahwa Acterma dan Kavzara dapat menghalangi peradangan dan mengurangi kebutuhan penggunaan alat ventilator.

sumber : Antara, Reuters
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement