Jumat 23 Jul 2021 13:11 WIB

Australia Setujui Pfizer untuk 12 Tahun ke Atas

Australia baru setujui penggunaan Pfizer untuk vaksin anak.

Rep: Rizky Suryarandika/ Red: Indira Rezkisari
 Seorang petugas kesehatan bersiap untuk memberikan vaksin Covid-19 Pfizer.
Foto: AP/Vincent Thian
Seorang petugas kesehatan bersiap untuk memberikan vaksin Covid-19 Pfizer.

REPUBLIKA.CO.ID, CANBERRA -- Regulator medis Australia untuk sementara menyetujui vaksin coronavirus Pfizer untuk individu berusia 12 hingga 15 tahun pada hari Jumat (23/7). Keputusan ini diambil ketika lebih dari setengah populasi Australia sebanyak 25 juta orang mengalami lockdown.

Menteri Kesehatan Australia, Greg Hunt, baru saja mengumumkan Administrasi Barang Terapi (TGA) telah memutuskan vaksin Covid-19 Pfizer-BioNTech aman untuk kelompok usia 12-15 tahun. Ini menjadikannya vaksin virus corona pertama yang disetujui untuk individu di bawah 16 tahun di Australia.

Baca Juga

Hingga saat ini, vaksin Pfizer hanya disetujui untuk digunakan di Australia untuk orang berusia 16 tahun ke atas. Dalam sebuah pernyataan, TGA mengatakan keputusan untuk menyetujui vaksin untuk kelompok usia itu dibuat setelah evaluasi studi klinis yang cermat.

"Persetujuan sementara untuk penggunaan pada kelompok usia 12-15 tahun telah dibuat setelah evaluasi cermat dari data yang tersedia yang mendukung keamanan dan kemanjuran, termasuk studi klinis dengan remaja berusia 12 hingga 15 tahun," kata Hunt, dilansir dari Xinhua pada Jumat (23/7).

Hunt menyatakan keputusan ini telah dibuat berdasarkan data kemanjuran dan keamanan jangka pendek. "Persetujuan lanjutan tergantung pada bukti kemanjuran dan keamanan jangka panjang dari uji klinis yang sedang berlangsung dan penilaian," lanjut Hunt.

Hunt mengatakan keputusan ini juga diambil setelah ada masukan Kelompok Penasihat Teknis Australia untuk Imunisasi (ATAGI). ATAGI menilai peluncuran vaksin kepada anak-anak yang rentan sudah tergolong maju.

"Apa yang lebih mungkin, pada saran awal yang saya miliki, adalah mereka akan mempercepat vaksin untuk anak-anak berusia 12-15 tahun terutama anak-anak dengan gangguan kekebalan, atau mereka yang memiliki kondisi kesehatan yang mendasarinya, dan kemudian mereka akan meninjau data yang masuk selama periode tersebut," ucap Hunt.

Sejauh ini ada sekitar 10,6 juta dosis vaksin virus corona yang diberikan di Australia. Sekitar 36 persen dari populasi orang dewasa telah menerima satu dosis vaksin dan 14,9 persen telah diinokulasi penuh.

Hingga Kamis (22/7) sore, total ada 32.427 kasus Covid-19 yang dikonfirmasi di Australia. Adapun jumlah kasus yang didapat secara lokal dalam 24 jam sebelumnya adalah 154 kasus, menurut angka terbaru dari Departemen Kesehatan. New South Wales, negara bagian terpadat di Australia, pada Jumat (23/7) pagi melaporkan 136 kasus baru Covid-19 yang didapat secara lokal.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement