Rabu 28 Jul 2021 11:50 WIB

Bhutan Vaksinasi 90 Persen Warga Dewasa dalam Sepekan

Bhutan menjadi negara dengan vaksinasi tercepat selama pandemi Covid-19

Rep: Dwina Agustin/ Red: Nur Aini
Bhutan
Foto:

Perwakilan UNICEF untuk Bhutan, Will Parks, menyatakan unsur penting lainnya dalam upaya vaksin adalah jaringan luas sukarelawan warga negara yang disebut "desuups". Sekitar 22.000 warga secara sukarela selama satu setengah tahun terakhir untuk meningkatkan kesadaran, menghilangkan informasi yang salah, membantu melakukan penyaringan dan pengujian massal bahkan membawa vaksin melintasi medan yang sulit di negara itu.

Gerakan serempak itu membantu memastikan bahwa suntikan mencapai setiap orang dewasa yang memenuhi syarat. Dalam beberapa kasus, petugas kesehatan berjalan kaki selama berhari-hari melalui tanah longsor dan hujan lebat.

Menurut anggota satuan tugas vaksinasi Bhutan, Dr. Sonam Wangchuk, upaya itu dilakukan untuk mencapai desa-desa yang sangat terpencil di atas pegunungan yang curam. Mereka melakukan cara ini agar bisa memberikan vaksin kepada warga yang tidak dapat mencapai pusat. “Vaksinasi adalah pilar inisiatif perawatan kesehatan Bhutan,” katanya.

Pemerintah Bhutan juga dipimpin oleh praktisi medis. Perdana menteri, menteri luar negeri, dan menteri kesehatan semuanya adalah profesional medis. Pesan dari pemerintah pun secara langsung menjawab pertanyaan dari publik tentang virus corona dan vaksinasi di Facebook. Upaya itu juga membantu memerangi keraguan terhadap vaksin di kalangan warga.

“Faktanya, orang-orang sangat ingin datang dan memvaksinasi diri mereka sendiri,” kata Dr. Wangchuk.

Perdana menterinya, Lotay Tshering, dan Raja Jigme Khesar Namgyel Wangchuck, juga merupakan pendukung awal vaksin. Mereka meredakan kekhawatiran seputar peluncuran vaksinasi. Raja juga melakukan tur keliling negara untuk meningkatkan kesadaran tentang upaya vaksinasi. 

sumber : AP
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement