Rabu 04 Aug 2021 12:18 WIB

Kamala Harris Tolak Klaim China di Laut China Selatan

AS ingin memperkuat kepemimpinan dan kerja sama keamanan di Asia Tenggara

Rep: Lintar Satria/ Red: Nur Aini
Wakil Presiden Kamala Harris
Foto:

Pekan ini, Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken juga memperkuat pesan bahwa AS serius untuk terlibat di Asia Tenggara untuk melawan pengaruh China. Ia mengikuti serangkaian pertemuan dengan blok Asia Tenggara, ASEAN.

Dalam acara virtual yang digelar Aspen Security Forum, Selasa (3/8) kemarin, Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong mengatakan kunjungan tingkat tinggi AS 'sangat bernilai', menunjukkan Washington sangat tahu pentingnya melindungi dan memajukan kawasan. Namun, ia mengungkapkan keprihatinannya mengenai memburuknya hubungan AS-China. Ia mengatakan banyak negara berharap agar hal itu ditinjau lagi.

"Karena banyak teman dan sekutu AS yang berharap mempertahankan hubungan dengan dua kekuatan dunia," katanya.

"Sangat penting bagi AS dan China untuk berusaha bekerja sama untuk menghindari bentrokan, yang akan menjadi bencana bagi kedua belah pihak dan dunia," tambahnya.

Pejabat Gedung Putih mengatakan pandemi Covid-19, vaksinasi dan kualitas vaksin akan menjadi agenda utama Harris dalam kunjungannya ke Asia Tenggara. Bulan lalu Washington mengirimkan 3 juta dosis vaksin Covid-19 dari Moderna ke Vietnam. Sehingga, total vaksin yang Washington sumbang ke Hanoi sudah banyak 5 juta dosis. Harris akan berkunjung ke Singapura pada 22 Agustus dan tiba di Vietnam pada 24 Agustus. 

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement