Jumat 06 Aug 2021 21:37 WIB

Transfer Uang dari Jepang dan Malaysia Lebih Murah

Remitansi akan lebih murah karena tidak perlu dikonversi ke dolar AS.

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Fuji Pratiwi
 Warga melintas didekat logo Bank Indonesia, Jakarta (ilustrasi). BI menyatakan, fasilitas LCS antara Indonesia dengan Jepang dan Malaysia akan membuat biaya remitansi lebih murah.
Foto: Republika/Agung Supriyanto
Warga melintas didekat logo Bank Indonesia, Jakarta (ilustrasi). BI menyatakan, fasilitas LCS antara Indonesia dengan Jepang dan Malaysia akan membuat biaya remitansi lebih murah.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bank Indonesia (BI) memastikan transfer uang dari Jepang dan Malaysia bisa lebih murah karena adanya kerja sama penyelesaian transaksi dengan mata uang lokal atau Local Currency Settlement (LCS).

Kepala Departemen Pengembangan Pasar Keuangan BI Donny Hutabarat mengatakan para eksportir, importir, investor, maupun TKI dapat lebih fleksibel dalam melakukan transaksi dengan adanya LCS tersebut.

Baca Juga

"Terkait remitansi tentunya akan sangat lebih murah karena tidak perlu dikonversi (ke dolar AS). Jadi setidaknya sudah untung jadi tidak ada spread," kata Donny dalam konferensi video, Jumat (6/8).

Dengan begitu, Donny menuturkan, proses transfer ringgit bisa langsung ke Indonesia dan dapat disimpan juga di Indonesia. Selain itu, pekerja migran di Jepang dan Malaysia juga bisa membuka rekening dalam bentuk rupiah.

"Kalau mereka mau dalam rupiah bisa dari awal jadi nanti transfer ke Indonesia bisa langsung rupiah," ungkap Donny.

Hanya saja, Donny mengatakan, tetap ada biaya transfer. Biaya transfer tersebut tersebut tergantung masing-masing bank appointed cross currency dealers (ACCD). Namun secara umum, biaya transfer pasti jauh lebih murah.

Bank ACCD yang ditunjuk oleh Indonesia untuk transaksi LCS dengan Malaysia yakni BRI, Bank Mandiri, BCA, BNI, Bank CIMB Niaga, dan Bank Maybank. Lalu Bank ACCD yang ditunjuk oleh Malaysia untuk transaksi LCS dengan Indonesia yakni CIMB Bank Berhad, Hong Leong Bank Berhad, Malayan Banking Berhad, Public Bank Berhad, dan RHB Bank Berhad.

Sementara itu, Bank ACCD yang ditunjuk oleh Indonesia untuk transaksi LCS dengan Jepang yaitu MUFG Bank, Bank BTPN, BCA, Bank Mandiri, Bank Mizuho, BNI, dan BRI. Kemudian Bank ACCD yang ditunjuk oleh Jepang untuk transaksi LCS dengan Indonesia yakni Mizuho Bank Ltd, MUFG Bank Ltd, PT BNI Tbk - Tokyo Branch, Resona Bank, Ltd, dan Sumitomo Mitsui Banking Corp.

 

 

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement