Senin 09 Aug 2021 17:17 WIB

Indonesia Buka Kedai Kopi Spesialti Pertama di Mesir

Kedai Kopi Villa Sumatra di Mesir diharapkan angkat pamor kopi spesialti Indonesia

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Christiyaningsih
Kopi (ilustrasi)
Foto: Pixabay
Kopi (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, KAIRO -- Kedutaan Besar Republik Indonesia di Kairo meresmikan kedai kopi spesialti pertama di Mesir. Pembukaan Kedai Kopi Villa Sumatra ini dilakukan oleh Duta Besar RI untuk Mesir Lutfi Rauf pada Ahad (8/8).

Kedai Kopi Villa Sumatra terletak di kawasan elit Medical Park Premier (MPP) New Cairo. Kedai kopi ini khusus menyajikan aneka kopi spesialti pilihan asal Indonesia dari jenis kopi Arabika.

Baca Juga

“Meski cobaan pandemi Covid-19 masih berlanjut, kami akan terus memberikan dukungan dan perhatian yang penuh bagi para pelaku usaha kopi, khususnya penggiat kopi spesialti di Mesir. Harapan kami dengan adanya Kedai Kopi Villa Sumatra ini pasar kopi unggulan Indonesia semakin meningkat di Mesir," ujar Lutfi dalam siaran pers yang diterima Republika, Senin (9/8).

Pendiri dan Pemilik Kedai Kopi Villa Sumatra, Haytham Shawkat Husein, menyampaikan apresiasi setinggi tingginya atas dukungan KBRI Kairo yang mendukung impor kopi spesialti dari Indonesia. Haytham berharap ketika pandemi Covid-19 sudah mereda dia dapat mengunjugi Indonesia untuk mencari kopi spesialti yang tersebar di wilayah Sumatera, Sulawesi, Jawa, Flores, dan Papua. Selain itu, dia juga tengah membidik pasar produk tanaman herbal Indonesia.

Ketua Specialty Coffee Association of Indonesia (SCAI) Daryanto Witarsa mengatakan Kedai Kopi Villa Sumatra diharapkan dapat menumbuhkan transaksi dagang yang signifikan dalam mendorong peningkatan permintaan pasar Mesir atas produk kopi spesialti asal Indonesia. Melalui fasilitasi SCAI, Indonesia sebagai peringkat keempat Barista Terbaik Dunia diharapkan mampu memberikan pelatihan capacity building dan workshop di bidang kopi spesialti untuk melatih para barista lokal di Mesir.

Atase Perdagangan Irman Adi mengatakan peresmian kedai kopi spesialti pertama ini sebagai terobosan baru dalam rangkaian Program Diplomasi Kopi Indonesia di Mesir. Irman berharap Kedai Kopi Villa Sumatra ini  dapat mempromosikan dan memasarkan berbagai jenis kopi spesialti seperti kopi Sumatera Gayo, Sinabung Honey, Lintong, Karo, Sinabung Wine, Long Berry, dan Kopi Cascara.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement