Sabtu 14 Aug 2021 01:22 WIB

Saudi Batasi Tenaga Kerja Asing, Warga Yaman Kaget

Tiga juta pekerja Yaman di Arab Saudi adalah pendukung utama ekonomi di Yaman

Tiga juta pekerja Yaman di Arab Saudi adalah pendukung utama ekonomi di Yaman.

Bertahan hidup

Sejumlah akademisi telah mengharapkan promosi jabatan selama bertahun-tahun, tetapi keputusan terbaru Saudi berisiko menghancurkan karier mereka di negara itu. Sejauh ini, pihak berwenang Saudi tidak secara resmi mengakui atau membantah keputusan untuk membatasi pekerja asing.

Namun, para dokter Yaman yang bekerja di Prince Mishari Bin Saud Hospital-Baljurash mengungkapkan bahwa sebuah surat edaran resmi tertanggal 27 Juli dari Direktorat Jenderal Urusan Kesehatan di Provinsi Al-Baha meminta rumah sakit untuk memberikan mereka alasan pemutusan kontrak dua dokter dari Yaman.

Adel al-Shuja, seorang akademisi Yaman, mengatakan kelangsungan hidup di Yaman tergantung pada dua hal utama yakni pengiriman uang dari ekspatriat di luar negeri, khususnya dari Arab Saudi, dan bantuan kemanusiaan yang diberikan oleh organisasi bantuan.

“Alih-alih mengembalikan pemerintah yang sah ke Yaman, Arab Saudi malah mengembalikan pekerja Yaman yang berkontribusi hingga 60 persen dari pendapatan keluarga Yaman yang membantu mengentaskan kemiskinan di tengah perang," ujar al-Shuja.

Pengamat percaya bahwa jika keputusan tersebut diterapkan sepenuhnya, lebih dari 700 ribu orang Yaman akan diusir dari provinsi-provinsi di selatan Saudi, yang tentunya memiliki efek politik, ekonomi, dan kemanusiaan pada orang-orang Yaman yang tinggal di Arab Saudi dan keluarga mereka di Yaman.

Akademisi Yaman lainnya mengatakan kepada Anadolu Agency bahwa sekelompok akademisi yang bekerja di beberapa universitas membentuk komite untuk membahas masalah ini dengan pejabat Yaman yang tinggal di Arab Saudi.

“Dalam pertemuan terpisah, kami berhasil bertemu dengan beberapa pejabat Yaman, termasuk wakil presiden, perdana menteri, dan menteri dalam negeri. Mereka semua berjanji untuk menindaklanjuti masalah ini dengan pejabat Saudi," jelas dia.

"Namun, hari-hari berlalu dan kami belum mendengar perkembangan apa pun,” imbuh akademisi itu.

sumber : https://www.aa.com.tr/id/dunia/keputusan-saudi-batasi-tenaga-kerja-asing-kejutkan-warga-yaman/2333764
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement