Ahad 15 Aug 2021 10:03 WIB

Turki Sampaikan Duka Mendalam Terkait Gempa Haiti

Turki berharap korban yang luka bisa segera sembuh

Red: Nur Aini
Turki menyatakan
Turki menyatakan "duka cita mendalam" atas gempa berkekuatan M 7,2 yang melanda Haiti.

 

REPUBLIKA.CO.ID, ANKARA -- Turki menyatakan "duka cita mendalam" atas gempa berkekuatan M 7,2 yang melanda Haiti. Hal itu disampaikan kementerian luar negeri Turki Sabtu malam (14/8).

Baca Juga

"Kami menerima kabar duka yang mendalam bahwa gempa bumi berkekuatan M 7,2 terjadi di bagian barat daya Haiti, yang telah menelan banyak korban jiwa," demikian pernyataan tersebut.

Disebutkan bahwa Turki menyampaikan belasungkawa kepada “orang-orang yang ramah dan Pemerintah Haiti dan kepada keluarga mereka yang menjadi korban” sambil berharap pemulihan yang cepat bagi mereka yang terluka.

Gempa melanda Haiti pada Sabtu pagi (14/8), menewaskan sedikitnya 304 orang dan lebih dari 2.000 terluka, kata badan pertahanan sipil negara itu. Pusat gempa berada 12 kilometer (7,5 mil) timur laut Saint-Louis-du-Sud, pada kedalaman 10 kilometer (6 mil).

Pihak berwenang mengatakan ratusan luka-luka telah hancur dari reruntuhan dalam upaya pencarian dan penyelamatan, sementara jumlah korban yang pasti belum diketahui.

Haiti telah meminta bantuan internasional. Negara itu pernah mengalami gempa dasyat berkekuatan M 7.0 pada 12 Januari 2010. Menurut angka resmi, gempa tersebut telah menyebabkan 316.000 orang tewas dan 300.000 terluka. Sekitar 1,3 juta orang kehilangan tempat tinggal setelahnya.

sumber : https://www.aa.com.tr/id/dunia/turki-sampaikan-duka-mendalam-terkait-gempa-haiti/2335152
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement