Selasa 17 Aug 2021 11:17 WIB

Perundingan Pertama Oposisi Venezuela dan Pemerintah Selesai

Norwegia menjadi penengah perundingan antara pemerintah dan oposisi Venezuela.

Rep: Lintar Satria/ Red: Teguh Firmansyah
 Presiden Venezuela Nicolas Maduro.
Foto: AP/Ariana Cubillos
Presiden Venezuela Nicolas Maduro.

REPUBLIKA.CO.ID, MEXICOCITY -- Perwakilan pemerintah dan oposisi Venezuela menyelesaikan putaran pertama perundingan  di Meksiko. Norwegia menjadi penengah dari negosiasi damai ini.

"Kami membahas untuk membangun mekanisme konsultasi dengan aktor-aktor sosial dan politik yang seinklusif mungkin," kata kedua belah pihak dalam pernyataan gabungan, Selasa (17/8).

Baca Juga

Perundingan putaran selanjutnya dijadwalkan digelar pada 3 hingga 6 September. Tapi belum diumumkan tempatnya.

Dalam perundingan yang dimulai Jumat (13/8) lalu itu kedua belah pihak menandatangani nota kesepahaman. Isinya antara lain mencabut sanksi-sanksi Amerika Serikat (AS), stabilisasi ekonomi, menghormati hak-hak politik dan pemilihan umum dan Konstitusi.

Presiden Venezuela Nicolas Maduro menyebut nota kesepahaman itu 'dokumen sukses' . Ia juga mengungkapkan komitmennya pada dialog. "Kami akan terus melalui jalur ini dengan perbincangan dan negosiasi yang sehat," katanya di Twitter.

Pada Juli lalu Maduro mengumumkan bersedia untuk memulai kembali dialog dengan oposisi. Presiden Majelis Nasional  Jorge Rodriguez dan Gubernur Negara Bagian Miranda Hector Rodriguez sebagai perwakilan oposisi.

Mediasi ini digelar menjelang pemilihan regional dan daerah Venezuela yang dijadwalkan pada 21 November. Perundingan-perundingan sebelumnya yang digelar di Norwegia dan Barbados tahun 2019 gagal.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement