Selasa 17 Aug 2021 11:37 WIB

Mullah Omar, Pemimpin Taliban Penuh Misteri dan Jago Prank

Taliban adalah Mullah Mohammed Omar, Mullah Mohammed Omar adalah Taliban.

Mullah Omar, Pemimpin Taliban
Foto:

Titik Balik Mullah Omar 

Sepeninggal ayahnya, Omar dan keluarga pindah ke provinsi Uruzgan. Mullah Omar memutuskan bergabung ke kelompok Jihadis setelah adanya serangan pasukan Uni Soviet di Afghanistan sekitar tahun 1980-an.

Saat itu ia masih duduk di sekolah madrasah. Dituliskan, salah satu alasan Mullah Omar memilih bergabung menjadi jihadis untuk memenuhi panggilan agama. 

Seperti seorang ksatria, pria yang disebut paling menggemari senjata granat RPG-7 itu, ikut berperang melawan Rusia pada 1983 dan 1991. Dalam dua pertempuran itu Omar terluka sebanyak empat kali dan kehilangan mata kanannya.

Berkat kegigihannyalah Omar pun dianugerahi gelar Amir Al-Mukmin, gelar yang diberikan kepada pemimpin yang saleh. Omar juga berjasa dengan mengambil alih kota Kabul dan mendirikan Islamic Emirate of Afghanistan.

Yang menarik dalam biografi tersebut, disebutkan Omar merupakan sosok yang sangat karismatik, yang selalu hidup dalam kesederhanaannya serta memiliki selera humor yang tinggi. Ia juga dikenal sebagai kepribadian yang tenang, tak mudah emosi, ramah, dan rendah hati. Omar tidak memiliki rumah ataupun rekening bank asing. 

Pada saat buku itu diterbitkan Mullah Omar tak pernah diketahui keberadaannya. Namun ia dikatakan masih tetap berhubungan dengan berbagai peristiwa dan kehidupan sehari-hari Afghanistan.

Departemen Luar Negeri Amerika Serikat bahkan menawarkan hadiah 10 juta dolar AS bagi siapa saja yang bisa menemukan Mullah Omar. Ia belum pernah terlihat lagi sejak invasi pimpinan AS ke Afghanistan pada 2001. Mullah Omar dikenal sangat mendukug pemimpin Alqaidah Usamah bin Laden.

Mullah Omar selain humoris, rupanya ahli prank juga....

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement