Selasa 31 Aug 2021 19:24 WIB

Alumnus IPB Jadi Wakil Kepala FAO untuk Benua Afrika

Sebelumnya, Dr Yurdi Yasmi menjadi direktur IRRI untuk Asia Tenggara.

Yurdi Yasmi, Wakil Kepala FAO untuk benua Afrika.
Foto: istimewa
Yurdi Yasmi, Wakil Kepala FAO untuk benua Afrika.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Salah satu putra terbaik Indonesia kembali dipercaya memegang posisi penting di FAO, lembaga pertanian dan pangan PBB. Ia  adalah Dr  Yurdi Yasmi yang baru saja ditunjuk sebagai wakil Kepala FAO untuk benua Afrika (Deputy Regional Representative for Africa). 

Sebagai orang kedua untuk FAO di Afrika, alumi IPBUniversity dan Wageningen University ini, punya tugas berat terutama dalam program swasembada pangan, pengentasan kemiskinan, peningkatan nutrisi dan pencapaian pembangunan berkelanjutan (Sustainable Development Goals). 

Dr Yurdi Yasmi  mengatakan, saat ini ia  sudah berada di Accra, Ghana di  mana kantor pusat FAO untuk benua Afrika berada. “Saya sudah memulai tugas baru ini, mohon doa-nya semoga bisa mengemban tugas ini dengan baik,” ujar Dr Yurdi melalui rilis yang diterima Republika.co.id, Selasa (31/8).

Dr Yurdi Yasmi memang sudah malang melintang berkarir dikancah internasional. Sebelum bergabung dengan FAO, ia  adalah direktur IRRI (International Rice Research Institute) untuk Asia Tenggara. Sebelumnya ia  menjabat sebagai koordinator Pertanian Berkelanjutan di FAO untuk kawasan Asia-Pasifik di Bangkok, koordinator Program ICRAF untuk kawasan  Mekong di Hanoi, manajer di RECOFTC - Centre for People and Forests di Bangkok, peneliti di Wageningen University di Belanda dan peneliti di CIFOR (Lembaga Penelitian Kehutanan Internasional) di Bogor.

Anak desa Tanjung Jati dari Payakumbuh ini sudah mengepalai proyek-proyek pembangunan dan penelitian di lebih 20 negara termasuk Afganistan, Korea Utara, India, Myanmar, Nepal, Timor Leste, Kamboja, Vietnam, Fiji, dan lain-lain.  Ia fasih berbahasa Inggris, Spanyol, Thailand dan Belanda. Lebih dari 50 negara sudah ia kunjungi untuk tugas dan pelesiran. 

Aktif dalam berbagai organisasi,  Dr Yurdi Yasmi pernah menjadi wakil Presiden Indonesian Diaspora Network Global, presiden Diaspora Indonesia di Thailand,  dan ketua PPI Belanda. Alumnus  pertukaran pelajar AFS ini juga pernah sebagai Mahasiswa Teladan Nasional dari IPB dan Siswa Teladan SMP mewakili Sumatra Barat. “Pengalaman berorganisasi sangat penting dalam dunia kerja,” tambahnya. 

Selamat bertugas untuk  Dr Yurdi Yasmi. Semoga semakin mengharumkan nama Indonesia di kancah dunia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement