Kamis 02 Sep 2021 09:49 WIB

Brasil Selidiki Dugaan Kasus Penyakit Sapi Gila

Dugaan kasus sapi gila terjadi di Negara Bagian Minas Gerais.

Peternak memberi makan sapi miliknya di kandang. ilustrasi
Foto: ANTARA/Ari Bowo Sucipto
Peternak memberi makan sapi miliknya di kandang. ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, SAO PAULO -- Kementerian Pertanian Brasil pada Rabu (1/9) sedang menyelidiki dugaan kasus penyakit sapi gila di negara tersebut. Sumber industri, yang meminta identitasnya dirahasiakan, mengatakan kepada Reuters bahwa dugaan kasus sapi gila terjadi di Negara Bagian Minas Gerais.

Menurut kementerian, penyelidikan semacam itu biasa dilakukan. Pihaknya berjanji akan langsung mengumumkan temuan mereka begitu penyelidikan selesai.

Baca Juga

Kemungkinan ini adalah kasus pertama sejak Mei 2019, ketika pemerintah Brasil melaporkan kejadian kasus penyakit sapi gila "atipikal" (tidak biasa) pada salah satu hewan di Negara Bagian Mato Grosso. Saat itu kementerian menyebutkan penyakit sapi gila atau bovine spongiform encephalopathy (BSE) ditemukan pada sapi berusia 17 tahun.

Mereka menambahkan bahwa tidak ada bagian dari hewan itu yang masuk ke dalam rantai makanan. Sumber itu mengatakan bukti menunjukkan kasus saat ini juga termasuk atipikal, seperti yang terdeteksi pada seekor sapi yang lebih tua pada 2019.

 

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement