Rabu 08 Sep 2021 15:25 WIB

5 Tokoh Penjahat di Film yang Berubah Jadi Pahlawan

Di box office, tokoh antagonis bisa berubah menjadi sosok yang terbaik.

Rep: Santi Sopia/ Red: Qommarria Rostanti
Harley Quinn
Foto: Google
Harley Quinn

REPUBLIKA.CO.ID, LOS ANGELES -- "Kamu mati sebagai pahlawan atau hidup cukup lama untuk melihat dirimu menjadi penjahat”. Kutipan ikonik dari Harvey Dent (Aaron Eckhart) dalam film The Dark Knight (2008) ini menggambarkan bagaimana karakter-karakter penjahat dapat sekaligus menjadi pahlawan dalam pilihan hidup mereka. 

Gambaran itu juga bisa dilihat di film seperti The Lord of the Rings, X-Men, dan The Dark Knight sendiri. Sosok penjahat di sejumlah box office membuktikan terkadang orang jahat bisa benar-benar berubah menjadi orang terbaik. Sebut saja Terminator, Godzilla, Loki, Johnny Lawrence Harley Quinn, Jaws, The Raptors, Magneto, Venom, Captain Barbosa, Dr Evil, Darth Vader, dan lainnya.

Berikut beberapa karakter penjahat yang menjadi pahlawan dalam sejumlah hit populer seperti dilansir laman Looper, Rabu (8/9):

1. Terminator

photo
Terminator - ()

 

Aktor Arnold Schwarzenegger mewujudkan salah satu penjahat paling kejam dalam The Terminator tahun 1984. Schwarzenegger memberikan penggambaran brutalnya sendiri tentang Terminator. Bahkan adegan T-800 Schwarzenegger yang menembak mati semua orang di kantor polisi termasuk di antara adegan paling ikonik dalam sejarah film.

Namun dalam Terminator 2: Judgment Day tahun 1991, dia menjadi cyborg heroik yang bertugas melindungi John Connor (Edward Furlong), anak yang coba dibunuh di film sebelumnya. Meskipun trailer merusak twist bagi banyak penonton, gagasan bahwa Terminator yang membunuh manusia dapat diprogram ulang menjadi pahlawan bagi umat manusia adalah ide yang menginspirasi dan memengaruhi semua penggambaran Terminator karya Schwarzenegger di kemudian hari.

2. Godzilla

photo
Godzilla - (Warner Bros)

 

Godzilla mungkin adalah Raja Monster, tetapi juga telah menjadi penyelamat umat manusia selama hampir tujuh puluh tahun. Godzilla kembali dalam beberapa film untuk melawan monster raksasa lainnya guna melindungi umat manusia. 

3. Loki

photo
Loki. - (Marvel Studios)

 

Sementara beberapa film awal Marvel Cinematic Universe dikritik karena menampilkan penjahat super yang tidak bersemangat, namun itu tidak terjadi pada Loki (Tom Hiddleston) yang pertama kali muncul di film Thor 2011 dan terbaru muncul di serial Disney+. Loki mengkhianati saudaranya, Thor (Chris Hemsworth) dan Frost Giants, untuk mengamankan tempatnya sebagai raja dewa.

Loki membuat beberapa upaya kekuasaan di The Avengers (2012) dan Thor: The Dark World (2013), yang membuatnya menyingkirkan Odin dan mengambil takhta Asgard. Namun, di Thor: Ragnarök (2017), Loki menunjukkan bahwa dia masih peduli dengan keluarganya ketika dia bekerja sama dengan Thor untuk melawan saudara perempuan mereka Hela (Cate Blanchett).

4. Harley Quinn

photo
Karakter Harley Quinn dalam Suicide Squad - (dok Warner Bros)

 

Awalnya karakter yang dibuat untuk Batman: The Animated Series Dokter Harleen Quinzel adalah seorang psikiater di Arkham Asylum yang jatuh di bawah pengaruh Joker dan menjadi Harley Quinn. 

Dalam The Suicide Squad (2021), Harley kembali diperankan Margot Robbie tidak hanya kembali bekerja dengan Task Force X, tetapi telah menjalin persahabatan yang tulus dengan beberapa anggota, terutama Kolonel Rick Flag (Joel Kinnaman). Harley menunjukkan bahwa dia bersedia mempertaruhkan nyawanya. 

5. Johnny Lawrence 

photo
Karakter Johnny Lawrence dalam film The Karate Kid. - (Columbia Pictures)

 

Untuk penonton di tahun 1980-an, The Karate Kid (1984) adalah cerita yang cukup lugas. Anak baru Daniel LaRusso (Ralph Macchio) diganggu oleh ahli karate Johnny Lawrence (William Zabka) dan teman sekelas dojo Cobra Kai. Untuk melawan, Daniel belajar bentuk karate yang lebih defensif dari sensei Mr. Miyagi (Pat Morita), mengalahkan Johnny di turnamen karate dengan menendang wajahnya menggunakan teknik "Crane" khusus.

Kemudian Johnny diceritakan menjadi sensei karate untuk generasi baru anak-anak yang diintimidasi. Dia bahkan (kadang-kadang) berhasil mencapai tingkat pemahaman dengan Daniel LaRusso, yang pada satu titik bekerja bersamanya untuk menjatuhkan mantan sensei Johnny yang korup, John Kreese (Martin Kove).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement