Rabu 08 Sep 2021 20:47 WIB

Menteri Rusia Meninggal Saat Hendak Selamatkan Seseorang

Zinichev mencemplungkan dirinya ke air untuk selamatkan juru kamera yang terjatuh.

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Teguh Firmansyah
Police Line
Foto: [ist]
Police Line

REPUBLIKA.CO.ID, MOSKOW -- Menteri Darurat Rusia Yevgeny Zinichev telah meninggal dunia ketika mencoba menyelamatkan nyawa seseorang selama latihan di kota Arktik Norilsk, pada Rabu (8/9). Zinichev berada di Kutub Utara untuk mengawasi latihan skala besar dan mengunjungi lokasi pembangunan stasiun pemadam kebakaran baru di Norilsk.

"Zinichev meninggal secara tragis saat melakukan tugas resminya selama latihan antar departemen untuk mencegah situasi krisis di Kutub Utara, dia meninggal ketika menyelamatkan nyawa seseorang," kata Kementerian Situasi Darurat, seperti dikutip oleh RIA.

Baca Juga

Moskow Times melaporkan, Zinichev meninggal dunia saat menyelamatkan seorang juru kamera yang terpeleset dan jatuh ke air. Pemimpin redaksi televisi RT yang didanai negara, Margarita Simonya, mengatakan, juru kamera tersebut juga meninggal dunia.

"Ada cukup banyak saksi, tapi tidak ada yang punya waktu untuk memikirkan apa yang terjadi ketika Zinichev melemparkan dirinya ke air untuk orang yang jatuh dan terkena batu yang menonjol," ujar Simonya di Twitter.

Zinichev telah memimpin Kementerian Situasi Darurat sejak 2018. Pendahulunya mengundurkan diri setelah terjadi kebakaran besar di sebuah pusat perbelanjaan di Siberia, yang menewaskan lebih dari 60 orang. Insiden ini mengejutkan seluruh Rusia.

Zinichev memulai karirnya sebagai perwira KGB pada akhir 1980-an. Dia menjajaki karirnya di Layanan Keamanan Federal (FSB) pada periode pasca-Soviet. Zinichev diyakini pernah menjadi bagian dari detail keamanan Presiden Vladimir Putin.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement