Senin 13 Sep 2021 10:55 WIB

Israel Pertimbangkan Dosis Keempat Vaksin Covid-19 

Belum ada ketentuan kapan dosis keempat vaksin covid-19 berpeluang diberikan.

Rep: Rizky Suryarandika/ Red: Dwi Murdaningsih
Seorang perawat bersiap untuk menyuntik seorang wanita Israel dengan suntikan ketiga vaksin COVID-19 di Yerusalem, 20 Agustus 2021.
Foto:

Ash mengatakan pekan lalu bahwa suntikan booster tampaknya telah menghentikan lonjakan infeksi. Tingkat kasus parah per 100.000 populasi di antara orang yang tidak divaksinasi jauh lebih tinggi daripada di antara mereka yang telah menerima dua dosis vaksin.
 
"Ini menunjukkan bahwa bahkan dengan kekebalan yang berkurang, suntikan memberikan perlindungan terhadap penyakit serius," ujar Ash.
 
Ash membantah Israel telah berjanji kepada Pfizer akan menggunakan vaksin secara eksklusif. Dia mengatakan orang yang berusia di atas 18 tahun yang mendapatkan suntikan pertama mereka saat ini sedang diberikan vaksin Moderna Inc.
 
Di sisi lain, pejabat kesehatan mengatakan efek dari suntikan Covid-19 awal melemah lima bulan setelah inokulasi, sehingga diperlukan booster. AS dan Inggris juga berencana untuk mulai menawarkan suntikan booster akhir bulan ini. Adapun Uni Eropa juga mempertimbangkan dosis ketiga. 
 

 

Namun Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memohon moratorium pada suntikan ketiga. Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus mengatakan pekan lalu bahwa pemerintah harus menunggu setidaknya sampai akhir tahun ini untuk booster. Sehingga negara-negara miskin bisa mendapatkan akses yang lebih baik ke vaksin.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement