Jumat 17 Sep 2021 18:56 WIB

Vaksin Covid-19 Pfizer Kemungkinan Bisa untuk Bayi 6 Bulan

Pfizer berencana mengajukan permohonan izin penggunaan vaksin Covid-19 pada bayi.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
Vaksin Covid-19 Pfizer-BioNtech. Dalam dua bulan ke depan, Pfizer akan mengajukan permohonan izin untuk dapat memberikan vaksin Covid-19 buatannya kepada bayi di AS.
Foto:

Keputusan tersebut diambil setelah Inggris mempertimbangkan risiko dan manfaat yang mungkin didapatkan oleh anak. Pertimbangan ini dilakukan dengan memperhitungkan dampak yang dirasakan oleh anak-anak karena melewatkan banyak kesempatan untuk bersekolah secara optimal di masa pandemi Covid-19.

Keputusan ini cukup lama diambil karena Inggris mempertimbangkan risiko inflamasi jantung (miokarditis) yang berkaitan dengan vaksinasi. Sebetulnya, risiko miokarditis ini sangat kecil dan mayoritas anak yang sudah mendapatkan vaksin Covid-19 tak mengalami efek samping berarti.

Oleh karena itu, manfaat yang mungkin didapatkan oleh anak dari vaksinasi Covid-19 dinilai lebih besar dibandingkan dengan risikonya. Akan tetapi, para ahli menilai vaksin Covid-19 untuk anak cukup diberikan sebanyak satu dosis saja.

Pemberian satu dosis tampak memicu imunitas yang lebih tinggi pada kelompok usia tersebut. Di Inggris, anak berusia 12-15 tahun dapat membuat keputusan sendiri terkait vaksinasi tanpa persetujuan orang tua. Mereka bisa memilih untuk divaksinasi atau tidak bila sudah benar-benar memahami risiko yang mungkin terjadi terkait vaksinasi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement