Ahad 03 Oct 2021 17:10 WIB

Aljazair Kutuk Pernyataan Presiden Macron Soal Penjajahan

Presiden Prancis Emmanuel Macron dikritik atas pernyataannya soal penjajahan

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Christiyaningsih
Presiden Prancis Emmanuel Macron. Ilustrasi.
Foto: EPA-EFE/Michel Euler
Presiden Prancis Emmanuel Macron. Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, ALJIR – Aljazair mengutuk pernyataan Presiden Prancis Emmanuel Macron soal sejarah kolonial di negara tersebut. Aljir menilai Macron telah melakukan penghinaan yang tak dapat diterima.

“Pernyataan Macron adalah penghinaan yang tak dapat diterima untuk mengenang lebih dari 5,63 juta martir yang mengorbankan diri mereka dengan perlawanan gagah berani melawan kolonialisme Prancis (antara 1830-1962),” kata Kantor Kepresidenan Prancis pada Sabtu (2/10), dikutip laman Anadolu Agency.

Baca Juga

Aljazair mengungkapkan banyak kejahatan kolonial yang dilakukan Prancis adalah genosida terhadap rakyatnya. Aljazair mencatat pernyataan yang dikaitkan dengan Macron tidak secara resmi disangkal.

Aljazair menegaskan negaranya menolak intervensi dalam urusan internal negaranya. Terkait pernyataan Macron, Aljazair telah memanggil pulang duta besarnya untuk Prancis Paris Mohammed Anter Davud untuk konsultasi.

Pada Kamis (30/9) lalu, Macron membuat pernyataan tentang Aljazair. Ia menyalahkan negara tersebut atas kebencian terhadap Prancis. “Apakah ada negara Aljazair sebelum penjajahan Prancis? Itu yang jadi pertanyaan,” ucapnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement