Selasa 05 Oct 2021 05:50 WIB

Kans Putra Qaddafi Jadi Presiden Kuat, Maju Pilpres Libya?

Putra Qaddafi punya peluang sangat besar terpilih jadi Presiden Libya

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Nashih Nashrullah
Putra Qaddafi punya peluang sangat besar terpilih jadi Presiden Libya. Saif Al Islam Qaddafi
Foto:

Di tengah persiapan untuk kembalinya Saif Al Islam ke panggung politik, dugaan jajak pendapat yang didistribusikan oleh para pendukungnya menempatkan dia di garis depan para kontestan dalam pemilihan presiden, yang diperkirakan akan berlangsung pada Desember mendatang.

Namun, pertanyaan serius diajukan tentang legalitas langkah tersebut. Saif Al Islam Qaddafi dicari oleh Pengadilan Kriminal Internasional di Den Haag sejak 2011, dengan beberapa tuduhan, termasuk tuduhan bahwa dia mencoba membawa tentara bayaran untuk membela rezim ayahnya selama revolusi. 

Selain itu, Pengadilan Banding di Tripoli menjatuhkan hukuman mati terhadapnya pada 2015. Putusan tersebut dikeluarkan secara in absentia pada saat dia ditahan di Zintan. 

Saif Al Islam dibebaskan para penculiknya pada 2017. Sejak itu, dia tidak pernah tampil di depan umum, kecuali dalam sebuah wawancara dengan New York Times awal tahun ini.

Pendukungnya berpartisipasi dalam Forum Dialog Politik Libya, yang menghasilkan otoritas interim Libya yang baru (pemerintah Abdul Hamid al-Dbeibeh dan Dewan Presiden, dipimpin oleh Muhammad al-Menfi). 

Jika Saif Al Islam mencalonkan diri dalam pemilihan mendatang, dia diharapkan mendapatkan hasil yang baik di dalam suku dan kota yang dulu mendukung rezim ayahnya dan berjuang bersamanya dalam Revolusi 2011.

Dia juga diyakini menikmati dukungan Rusia yang tidak diumumkan, dan mengetahui bahwa pemerintah Tripoli telah bertahun-tahun menangkap dua orang yang dituduh sebagai agen Rusia, yang berhubungan dengan putra Qaddafi. 

Hubungannya agak tak baik antara Saif Al Islam dan komandan Tentara Nasional Libya, Field Marshal Khalifa Haftar, karena mungkin melihat putra Qaddafi sebagai pesaing yang tidak diinginkan.

Baca juga : Pencemaran Teluk Jakarta Diduga Akibat Limbah Obat

Saif Al Islam juga kemungkinan akan menghadapi ketegangan dengan kelompok Islamis yang mendominasi Libya barat. Padahal, di awal milenium baru, dia memiliki peran penting dalam membebaskan ratusan Islamis, yang dipenjara oleh ayahnya. 

Tetapi mereka yang menentangnya, bergabung dengan revolusi pada 2011. Pencalonan dan kemenangan Saif al-Islam dalam pemilihan mendatang dapat meningkatkan ketakutan mereka akan kemungkinan pembalasan.

 

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement