Rabu 13 Oct 2021 00:16 WIB

Gempa Kuat Guncang Kreta, tak Ada Korban Jiwa

Gempa berkekuatan 6,3 skala richter itu guncangannya terasa hingga Siprus.

Rep: Lintar Satria/ Red: Andi Nur Aminah
Gempa bumi (ilustrasi)
Gempa bumi (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, ATHENA -- Gempa bumi kuat mengguncang Pulau Kreta, Yunani. Tapi bencana alam di Laut Tengah itu hanya menyebabkan sedikit kurasakan dan tidak menimbulkan korban jiwa. Guncangan terasa hingga Siprus.

Tidak ada laporan korban tewas dalam gempa bumi yang menurut Institut Geodinamika Athena berkekuatan 6,3 skala richter. Pusat gempa terletak di laut sekitar 23 kilometer sebelah timur Desa Zakros, Kreta.

Baca Juga

Gempa yang kedalamannya dua kilometer itu juga dirasakan warga Pulau Rhodes dan sejumlah warga yang tinggal di gedung tinggi di Siprus. Sekitar 600 kilometer sebelah timur Kreta.

Foto-foto media sosial memperlihatkan kapel di desa Xerokampos di sebelah timur Kreta ambruk. "Kami tidak menerima laporkan korban luka," kata pejabat brigade pemadam kebakaran, Selasa (12/10). "Mungkin ada sejumlah kerusakan kecil di gedung-gedung tua," katanya.

Banyak warga Kota Heraklion yang segera keluar rumah setelah merasakan guncang kedua sejak gempa bulan lalu yang berkekuatan 5,8 skala richter dan menewaskan satu. Seismolog Yunani mengatakan gempa terbaru berasal dari patahan yang berbeda.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement