Ahad 17 Oct 2021 09:17 WIB

Laporan: Sniper Israel Tembak Mati Eks Pejabat Suriah

Eks pejabat Suriah itu ditengarai terlibat sebuah gerakan yang membahayakan Israel.

Rep: Dwina Agustin/ Red: Teguh Firmansyah
Ilustrasi Pembunuhan
Foto: Foto : MgRol112
Ilustrasi Pembunuhan

REPUBLIKA.CO.ID, DAMASKUS  -- Mantan anggota parlemen Suriah Madhat al-Salah diduga ditembak mati oleh penembak runduk Israel. Al-Saleh sebelumnya telah menghabiskan 12 tahun di penjara di Israel.

"Ini bukan insiden internal, ia jelas dibunuh ole Israel, ia sepertinya terlibat dalam serangan terhadap Isrel," ujar Tal Beeri, kepala riset departi di Alma Center seperti dilansir Jerusalem Post, Jumat (16/10).

Baca Juga

Saleh diketahui tinggal di Jaramana dekat ibu kota Damaskus. Ia ditengarai terlibat dalam sebuah gerakan yang membahayakan Israel. Salah dianggap bisa memberikan perintah untuk melancarkan serangan.

Sebelumnya televisi pemerintah Suriah Al-Ekhbariya mengutip pernyataan kabinet, menuduh pasukan Israel menembak mati mantan anggota parlemen Suriah Medhat Al-Saleh, Sabtu (16/10).

Kantor berita negara Suriah SANA mengatakan Al-Saleh telah mati syahid ketika musuh Israel menargetkannya dengan tembakan pada Sabtu. Dia sedang kembali ke rumah di Ain al-Tineh, sebuah desa di dalam Suriah yang dekat dengan Dataran Tinggi Golan yang diduduki Israel.

Pemerintah Suriah mengecam tindakan kriminal pengecut ini. Sedangkan seorang juru bicara militer Israel mengatakan militer tidak mengomentari laporan asing.

Pemerintah mengatakan Saleh telah menghabiskan 12 tahun di penjara di Israel setelah dipenjara pada 1985. Dia harus menghadapi tuduhan perlawanan kepada pihak berwenang Israel. Dia kemudian bertugas di parlemen Suriah.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement