Ahad 17 Oct 2021 15:26 WIB

Menlu UEA Akhiri Kunjungan ke AS

UEA diketahui telah melakukan normalisasi diplomatik dengan Israel tahun lalu.

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Agung Sasongko
 Orang-orang mengunjungi situs EXPO selama hari pertama EXPO 2020 Dubai di emirat Teluk Dubai, Uni Emirat Arab pada 01 Oktober 2021. 192 negara akan berpartisipasi dengan paviliun mereka di EXPO 2020 Dubai, Expo internasional pertama di Timur Tengah, Afrika dan kawasan Asia Selatan (MEASA), yang akan berlangsung mulai 01 Oktober 2021 hingga 31 Maret 2022.
Foto:

Dalam kunjungannya, Sheikh Abdullah turut bertemu penasihat keamanan nasional AS Jake Sullivan. Mereka membahas upaya yang dapat dilakukan kedua negara untuk membantu membangun perdamaian serta stabilitas di kawasan. 

Pada 15 September 2020, Bahrain dan UEA menandatangani perjanjian normalisasi diplomatik dengan Israel. Hal itu tercapai berkat mediasi dan dukungan AS di bawah kepemimpinan mantan presiden Donald Trump. Kesepakatan normalisasi tersebut dikenal dengan nama Abraham Accords.

Selain UEA dan Bahrain, AS pun membantu Israel melakukan normalisasi diplomatik dengan Sudan serta Maroko. Palestina mengecam kesepakatan damai tersebut. Menurut Palestina, apa yang dilakukan negara-negara Muslim terkait merupakan “tikaman” bagi perjuangannya memperoleh kemerdekaan. (Kamran Dikarma)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement