Kamis 21 Oct 2021 13:08 WIB

Blogger Nasionalis China Ramai-Ramai Menyerang Barat

Ziganwu melakukan propaganda menyerang Barat tanpa dibayar.

Rep: Dwina Agustin/ Red: Teguh Firmansyah
Weibo, Jejaring Sosial Cina
Weibo, Jejaring Sosial Cina

REPUBLIKA.CO.ID, BEIJING -- Dunia media sosial China kini dibanjiri oleh influencer maupun blogger yang bersikap sangat nasionalis. Mereka ikut terjun melakukan propaganda bahkan dengan tidak dibayar oleh pemerintah.

Seperit dikutip dari BBC, Kelompok influencer baru ini dikenal sebagai "ziganwu" yang ketenarannya di media sosial Cina terkait erat dengan naiknya nasionalisme China. Nama mereka mengacu pada tentara troll "wumao" yang dibayar untuk menyebarkan propaganda negara. Bedanya ziganwu bergerak dengan sukarela.

Baca Juga

Postingan dan video pedas ziganwu dibagikan oleh puluhan ribu penggemar. Isinya sering mengkritik negara-negara Barat dan media. Isu-isu seperti feminisme, hak asasi manusia, multikulturalisme, demokrasi yang dianggap sebagai pengaruh Barat yang merusak masyarakat Cina juga sering disoroti.

Mereka yang dianggap mempromosikan separatisme seperti juru kampanye pro-demokrasi Taiwan dan Hong Kong, serta aktivis, intelektual, dan pakar, juga sering berakhir di garis bidik kelompok ini. Target ziganwu termasuk penulis Fang Fang, yang dikenal karena kisahnya yang membakar tentang tahap awal wabah Wuhan yang menarik perhatian internasional.

Dalam sebuah posting yang menjadi viral tahun lalu, influencer ziganwu, Shangdizhiying, menuduh Fang membuat tusukan terdalam bagi Cina. "Salah satu senjata terbesar yang digunakan oleh pasukan anti-China untuk menodai kita," tulisnya.

Baru-baru ini, pakar medis terkemuka Zhang Wenhong menjadi sasaran. Dia muncul untuk menyarankan bahwa Cina harus belajar hidup dengan Covid-19, yang dianggap bertentangan dengan kebijakan resmi. Beberapa influencer segera menggali disertasi lama dan menuduhnya melakukan plagiarisme, sebuah tuduhan yang kemudian disangkal oleh universitas tempat Zhang berkuliah.

Sebuah saran bahwa anak-anak harus minum susu untuk sarapan dianggap sebagai tanda bahwa Zhang menolak sarapan tradisional China  dan nilai-nilai. "Bukankah ini terlalu memuja Barat dan menjilat orang asing?" tulis Pingminwangxiaoshi.

Postingan semacam itu muncul lusinan dan dapat dipompa setiap hari. Seringkali singkat dan emosional, sehingga menjadi salah satu alasan mengapa mereka menjadi viral.

"Ini adalah nasionalisme makanan cepat saji. Orang-orang menggigitnya, membagikannya, lalu melupakannya," kata analis media sosial Cina, Many Koetse.

Banyak dari ziganwu masih muda, tumbuh dengan pendidikan yang dipenuhi dengan patriotisme, dan kebanggaan China. "Jadi, Anda memiliki campuran eksplosif antara sentimen anti-asing dan pro-Cina dengan tekanan pada budaya dan identitas Cina," ujar Koetse.

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement