Jumat 29 Oct 2021 15:58 WIB

Nigeria: Bos ISIS Afrika Barat Tewas dalam Operasi Militer

Pasukan Nigeria menggelar sejumlah serangan darat dan udara.

Rep: Lintar Satria/ Red: Teguh Firmansyah
Gerakan ISIS (ilustrasi)
Foto: VOA
Gerakan ISIS (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, ABUJA -- Angkatan bersenjata Nigeria mengatakan, pemimpin baru ISIS di Afrika Barat (ISWAP) tewas dalam operasi militer bulan ini. Hal ini disampaikan dua pekan setelah pengumuman tewasnya mantan ketua kelompok tersebut Abu Musa al-Barnawi.

ISWAP merupakan cabang kelompok pemberontak Boko Haram yang bertempur melawan angkatan bersenjata Nigeria selama satu dekade terakhir. Namun, dua kelompok milisi itu akhirnya saling bertempur.

Baca Juga

PBB mengatakan, konflik yang merambah ke negara tetangga seperti Chad dan Kamerun telah menewaskan 300 ribu orang dan mendorong jutaan lainnya bergantung pada bantuan.

Juru bicara Angkatan Darat Brigadir Benard Onyuko mengatakan, pasukan Nigeria menggelar sejumlah serangan darat dan udara ke lokasi-lokasi tempat pemberontak bersembunyi. Dalam serangan itu ketua ISWAP yang baru Malam Bako tewas terbunuh.

"Dalam operasi tersebut dalam kurun waktu tertentu total elemen teroris yang dinetralkan sebanyak 38 termasuk ketua ISWAP baru, Bako," kata Onyuko tanpa menjelaskan lebih lanjut, Jumat (29/10).

Kematian Bako tidak dapat diverifikasi secara independen dan tidak ada konfirmasi dari ISWAP. Bila terkonfirmasi maka Bako pemimpin kelompok teroris di Afrika Barat keempat yang tewas pada tahun ini.

Sebelumnya, Ketua Boko Haram Abubakar Shekau pada bulan Mei, ketua ISIS Sahara (ISGS) Adnan Abu Walid al-Sahrawi pada bulan Agustus, dan al-Barnawi bulan ini. Sejak kematian Shekau ratusan anggota Boko Haram menyerahkan diri pada angkatan bersenjata Nigeria. 

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement