Ahad 31 Oct 2021 20:02 WIB

Tahanan Serahkan Diri Setelah 29 Tahun Lari dari Penjara

Narapidana tersebut dihukum 33 bulan karena menanam ganja.

Rep: Dwina Agustin/ Red: Friska Yolandha
Ilustrasi penjara.
Foto: www.examiner.com
Ilustrasi penjara.

REPUBLIKA.CO.ID, SYDNEY -- Seorang buronan berusia 64 tahun menyerahkan diri ke polisi Australia karena penguncian di Sydney membuatnya menganggur dan kehilangan tempat tinggal. Dia dijatuhi hukuman tambahan dua bulan di balik jeruji karena melarikan diri dari penjara sekitar 29 tahun yang lalu.

Darko Desic telah ditahan sejak pertengahan September ketika masuk ke kantor polisi di pinggiran pantai Dee Why. Dia mengaku kabur dari Penjara Grafton, 620 kilometer ke utara, pada 1992.

Wabah varian delta virus korona yang sangat menular mengunci Sydney dari 26 Juni hingga 11 Oktober. Kondisi ini mengeringkan pendapatan Desic dan membuatnya harus tinggal di bukit pasir.

Desakan tersebut membuat pria itu mengaku bersalah karena melarikan diri dari tahanan yang sah dan dikembalikan ke penjara. Dia kembali menjalani sisa 14 bulan dari total hukuman 33 bulan karena menanam ganja.

Hakim Pengadilan Lokal Pusat Sydney Jennifer Atkinson mengatakan tidak memiliki alternatif untuk menjatuhkan hukuman penjara karena melarikan diri. Dia menambahkan dua bulan untuk hukumannya. Pelanggaran tersebut membawa potensi maksimal 10 tahun.

Atkinson menerima bahwa Desic telah melarikan diri karena ketakutan nyata akan dideportasi ke tanah airnya yang sekarang dikenal sebagai Yugoslavia. Dia takut harus bertugas di militer selama perang 1991-1995 yang menyebabkan pecahnya Yugoslavia.

Hakim mengatakan bertahun-tahun telah berlalu sejak keyakinan terakhirnya menetapkan bahwa dia berubah. "Dia jelas telah membuat dampak penting pada masyarakat," kata Atkinson.

Di luar pengadilan, pengacara pembela Paul McGirr mengatakan bahwa Desic baru-baru ini menerima surat dari Pasukan Perbatasan Australia. Pasukan itu memberi tahu bahwa dia akan dideportasi begitu dia dibebaskan dari penjara.

"Mengingat dia tidak memiliki negara yang sama untuk kembali sebab itu menjadi Yugoslavia. Mudah-mudahan seseorang dengan sedikit akal sehat melihat itu," kata McGirr yang menyadari Desic bukan warga negara Australia.

Untuk melarikan diri dari penjara, pria yang ketika itu berusia 35 tahun ini menggunakan pisau gergaji besi untuk memotong jeruji jendela sel. Dia menemukan pemotong baut di gudang di dalam halaman penjara dan memotong pagar pembatas.

Desic kemudian menghabiskan tiga dekade di pinggiran pantai utara Sydney yang modis di dekat tempat dia menyerah diri kepada polisi. McGirr menyatakan, Desic tidak melakukan kejahatan lebih lanjut tetapi hidup di bawah beban terus-menerus karena tidak tahu kapan dia akan ditangkap.

sumber : AP News
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement