Kamis 04 Nov 2021 20:35 WIB

Israel Persiapkan Amunisi Jika Sewaktu-waktu Serang Iran

Israel menyiapkan sistem pertahanan dan latihan bersama dengan AS untuk hadapi Iran

Rep: Rizky Jaramaya/Dwina Agustin/ Red: Christiyaningsih
Unit Artileri Israel menembak sasaran. Israel menyiapkan sistem pertahanan dan latihan bersama dengan AS untuk hadapi Iran. Ilustrasi.
Foto: EPA-EFE/ATEF SAFADI
Unit Artileri Israel menembak sasaran. Israel menyiapkan sistem pertahanan dan latihan bersama dengan AS untuk hadapi Iran. Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, TEL AVIV -- Kementerian Pertahanan Israel mengumumkan pada Rabu (3/11) negara itu sedang bersiap untuk meluncurkan balon besar baru yang dilengkapi dengan rudal canggih dan sistem deteksi pesawat ke langit utara. Pengerahan sistem berbasis radar akan berlangsung pada tanggal yang tidak ditentukan segera.

Armada baru ini merupakan bagian dari upaya oleh Angkatan Udara Israel (IAF) untuk meningkatkan pertahanan udara negara itu, khususnya di utara. Pertahanan ini mempertimbangkan proliferasi drone Iran dan rudal jelajah di wilayah tersebut.

Baca Juga

Sistem deteksi yang dijuluki "Sky Dew" ini, menurut Kementerian Pertahanan Israel, dimaksudkan untuk dikerahkan di ketinggian tinggi untuk mendeteksi rudal jarak jauh, rudal jelajah, dan drone yang masuk. Meski Israel telah mempertahankan serangkaian sistem radar untuk mendeteksi ancaman yang masuk, tetapi aerostat baru dimaksudkan untuk melengkapi dan meningkatkan kemampuan yang ada dengan menempatkan sensor di ketinggian.

"Sistem sensor yang ditinggikan memberikan keuntungan teknologi dan operasional yang signifikan untuk deteksi ancaman dini dan tepat,” kata CEO Israel Aerospace Industries, Boaz Levy, yang membantu mengembangkan sistem tersebut.

"Teknologi ini meningkatkan keandalan gambar pengawasan udara dan meningkatkan efisiensi terhadap berbagai target,” ujar Levy dilansir Times of Israel.

Sky Dew aerostat merupakan salah satu yang terbesar dari jenisnya. Sistem pertahanan itu dikembangkan dalam usaha patungan oleh Organisasi Pertahanan Rudal Israel dan Badan Pertahanan Rudal Amerika Serikat selama beberapa tahun. Dalam beberapa bulan terakhir, sistem telah menjalani pengujian akhir dan sedang dipersiapkan untuk penyebaran operasional di Israel utara.

"Dalam beberapa kampanye uji terbang yang dilakukan beberapa bulan terakhir, kami telah menunjukkan kemampuan luar biasa dari pertahanan rudal multi-tingkat Israel termasuk terhadap rudal jelajah," kata direktur Organisasi Pertahanan Rudal Israel, Moshe Patel.

Kepala Angkatan Udara Israel Amikam Norkin memuji sistem baru tersebut. Dia mengatakan sistem itu akan memungkinkan militer untuk membangun gambaran pengawasan udara yang lebih akurat dan lebih luas. "IAF memiliki sistem pertahanan dan ofensif untuk membela negara Israel dan kedaulatannya," ujar Norkin.

Direktur Badan Pertahanan Rudal Amerika, Wakil Laksamana Jon Hill, mengatakan sistem itu ditujukan untuk menopang keunggulan militer kualitatif Israel. Istilah teknis tersebut mengacu pada keunggulan negara itu di kawasan tersebut.

Militer Israel khawatir di tahun-tahun mendatang superioritas itu dapat diuji ketika drone dan rudal jelajah buatan dan dirancang Iran membanjiri Timur Tengah. Pergerakan Teheran mewakili ancaman yang lebih besar bagi Tel Aviv daripada roket sederhana yang dimiliki kelompok-kelompok yang menyerang di kawasan itu hingga sekarang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement