Kamis 04 Nov 2021 22:57 WIB

AS Bantah Klaim Iran Soal Pencurian Kapal Tanker minyak

AS menegaskan hanya memantau kapal di perairan strategis, bukan mencuri.

Kapal tanker Iran (ilustrasi).
Foto: Satellite image ©2019 Maxar Technologies via
Kapal tanker Iran (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, TEHERAN --  Amerika Serikat (AS) pada Rabu menolak tudingan Iran yang mengklaim telah menggagalkan upaya AS untuk "mencuri" sebuah kapal tanker minyak di Laut Oman. Seorang pejabat Pentagon mengatakan kepada Anadolu Agency bahwa klaim itu salah dan pasukan AS hanya memantau kapal itu di perairan strategis.

"Itu terjadi minggu lalu. Iran secara ilegal menaiki dan menyita kapal berbendera internasional di perairan internasional dan membawanya kembali ke perairan Iran," kata pejabat Pentagon yang namanya tak ingin disebutkan.

Baca Juga

Sumber,  https://www.aa.com.tr/id/dunia/as-bantah-klaim-iran-soal-pencurian-kapal-tanker-minyak/2411595.

Pasukan AS mencoba mengejar kapal tanker dengan kapal perang dan helikopter tetapi gagal untuk menyita kapal itu. Demikain menurut media pemerintah Iran.

Kapal tanker itu saat ini berlabuh di perairan teritorial Iran. Insiden ini adalah yang terbaru dari banyak kontak dekat antara pasukan angkatan laut Iran dan AS di Teluk Persia dalam beberapa tahun terakhir.

Insiden terjadi di tengah ketegangan yang memanas antara Teheran dan Washington karena kedua belah pihak terus ragu untuk melanjutkan pembicaraan kesepakatan nuklir.

sumber : Anadolu
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement