Jumat 05 Nov 2021 21:08 WIB

Ketika Monyet Liar Tersesat di Tengah Kota Puerto Riko

Monyet rhesus sering muncul akibat pelarian dari proyek penelitian.

Rep: Dwina Agustin/ Red: Teguh Firmansyah
Kera berwajah merah (rhesus macaques).
Foto: Wikimedia
Kera berwajah merah (rhesus macaques).

REPUBLIKA.CO.ID, SAN JUAN -- Belasan orang berkumpul di sekitar pohon eukaliptus yang menjulang tinggi di jantung ibu kota Puerto Riko, San Juan. Mereka ingin melihat pemandangan yang paling tidak biasa, yaitu monyet rhesus yang berkeliaran.

Peristiwa itu pertama kali terlihat dengan sosok monyet menempel di cabang pohon pada Selasa (2/11) pagi. Petugas pemadam kebakaran dan pejabat lainnya berjuang untuk membujuk monyet itu turun dari pohon ketika kerumunan mulai terbentuk.

Baca Juga

"Beri dia makan siang untuk membuatnya turun!" teriak seorang pria.

"Terlalu gemuk untuk turun!" balas seorang perempuan di dekatnya.

"Ya ampun, itu pasti takut," timpal orang ketiga.

Ketika panggilan pertama yang melaporkan monyet itu datang, letnan di Departemen Sumber Daya Alam San Juan, Ramon Luis Marcano, tidak mempercayainya. Penelepon melaporkan bahwa hewan itu berada di pohon di jalan tiga jalur yang sibuk yang melintasi lingkungan Santurce di ibu kota San Juan. "Dan aku seperti, 'Di mana?'" ujarnya.

Marcano pergi ke lokasi dengan keraguan. Namun, dia memang menemukan Kera rhesus jantan remaja, yang berasal dari Asia selatan, tengah, dan tenggara.

"Ini tidak normal," kata Marcano ketika mengamati pekerja dari Departemen Sumber Daya Alam San Juan menempatkan tangga di antara pohon dan atap apartemen terdekat dan mengisi kandang dengan air, jeruk, dan pisang untuk memancing monyet.

Tapi monyet itu menolak untuk bergerak lebih jauh, kadang-kadang bergerak naik turun pohon untuk menyenangkan kerumunan di bawah yang termasuk siswa, penjaga keamanan, dan pelayan. "Lihat! Lihat! Ini bergerak! Ini dia! Ini dia!” teriak seorang perempuan sambil menunjuk ke atas.

Polisi mengarahkan lalu lintas ketika pengemudi melambat untuk mencoba melihat sekilas monyet, yang sebagian besar tetap tersembunyi oleh dedaunan dan dahan. Marcano mengatakan tidak tahu dari mana monyet itu berasal.

Monyet rhesus sering muncul akibat pelarian dari proyek penelitian dan telah ditemukan di pulau utama Puerto Rico. Ratusan dari mereka menghuni Cayo Santiago, sebuah pulau kecil di lepas pantai tenggara Puerto Rico, dengan diizinkan berkeliaran bebas.

Tapi para monyet itu sangat jarang di daerah perkotaan terlebih lagi di jalan-jalan sibuk yang jauh dari pohon buah-buahan dan sumber makanan lainnya. Satu-satunya makanan yang tersedia di sepanjang jalan tempat monyet itu berada adalah taman truk makanan kelas atas dan beberapa kafetaria kecil dalam ruangan.

Monyet rhesus adalah omnivora dan dianggap sebagai salah satu monyet yang paling tidak ramah. Mereka memiliki wajah dan pantat kemerahan dan hidup antara 20 hingga 40 tahun di penangkaran. Mereka juga dapat menularkan virus herpes B ke manusia, yang dapat meninggal karenanya jika tidak segera mendapatkan pengobatan.

Marcano mengatakan bahwa setelah monyet ditangkap akan dibawa ke dokter hewan dan kemudian ditempatkan dengan monyet rhesus lainnya di Kebun Binatang Dr. Juan A. Rivera di kota barat Mayaguez. Kebun binatang telah menjadi sasaran pengaduan baru-baru ini dan menuntut agar ditutup menyusul tuduhan cedera dan pembunuhan tidak manusiawi.

Gambar dan video monyet memenuhi media sosial, dengan hewan itu semakin menarik perhatian saat tetap berdiri di pohon. "Saya merasa tidak enak, jujur. Saya membayangkan itu ketakutan. ... Semua orang bertanya-tanya dari mana asalnya,"  kata Stephen Hoppe, seorang pemilik bisnis berusia 34 tahun yang merekam video monyet itu.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement