Selasa 09 Nov 2021 13:59 WIB

Obama Kritik China dan Rusia di KTT Perubahan Iklim

Obama kritik China dan Rusia sebagai produsen karbon terbesar malah tak datang ke KTT

Rep: Dwina Agustin/ Red: Christiyaningsih
Mantan Presiden AS Barack Obama berbicara selama KTT Iklim PBB COP26 di Glasgow, Skotlandia, Senin, 8 November 2021.
Foto: Jane Barlow/PA via AP
Mantan Presiden AS Barack Obama berbicara selama KTT Iklim PBB COP26 di Glasgow, Skotlandia, Senin, 8 November 2021.

REPUBLIKA.CO.ID, GLASGOW -- Barack Obama mengkritik Presiden China Xi Jinping dan Presiden Rusia Vladimir Putin karena tidak bergabung dengan para pemimpin global lainnya pada pembicaraan iklim di Glasgow. Dia menyinggung China dan Rusia yang mengambil langkah berbahaya dengan memutuskan pemotongan emisi secara pribadi.

"Sangat mengecewakan melihat para pemimpin dua penghasil emisi terbesar di dunia, China dan Rusia, menolak bahkan menghadiri persidangan dan rencana nasional mereka mencerminkan apa yang tampaknya menjadi tidak adanya urgensi yang berbahaya," kata Obama dalam sambutan ketika menjadi pembicara KTT Perubahan Iklim COP26, Senin (8/11).

Baca Juga

Obama berbicara dalam sebuah sesi di negara-negara Kepulauan Pasifik, termasuk negara-negara yang keberadaannya terancam oleh naiknya lautan akibat perubahan iklim. "Kita semua memiliki peran untuk dimainkan. Kita semua memiliki pekerjaan yang harus dilakukan. Kita semua harus berkorban pada iklim," katanya.

"Namun kami yang tinggal di negara kaya, kami yang membantu mempercepat masalah pemanasan global, kami memiliki beban tambahan," kata Obama.

Konferensi di Glasgow, Skotlandia ini adalah yang pertama bagi mantan presiden Amerika Serikat (AS) sejak membantu mewujudkan kemenangan kesepakatan iklim Paris 2015. KTT iklim sejak saat itu kurang meyakinkan, terutama karena AS di bawah Presiden Donald Trump keluar dari kesepakatan Paris meski Joe Biden sejak menjabat memutuskan untuk bergabung kembali.

Kehadiran Obama di sela-sela pembicaraan dimaksudkan untuk mengingatkan pemerintah tentang kegembiraan yang mengelilingi pemogokan kesepakatan Paris. Dia mendesak mereka untuk lebih segera mengambil langkah-langkah konkret demi mewujudkan kesepakatan 2015.

Dalam sambutan yang disiapkan menjelang pidatonya kepada para aktivis, Obama mencatat upaya negara pencemar iklim terburuk kedua di dunia sekarang setelah China terhenti ketika Trump menarik diri dari kesepakatan iklim. "Saya tidak benar-benar senang tentang itu," ujarnya mengakui.

Meskipun oposisi di dalam partai Demokrat sendiri yang telah memblokir undang-undang memerangi iklim, Obama yakin beberapa versi iklim ambisius Biden akan disahkan di Kongres beberapa pekan mendatang. "Ini akan membuat Amerika Serikat berada di jalur untuk memenuhi target iklim barunya," katanya.

Pembicaraan iklim dua pekan berada di titik tengah setelah Biden dan sejumlah pemimpin global lainnya menyelenggarakan pertemuan tinggi G2 pekan lalu. Dalam acara itu, mereka berjanji melakukan tindakan dan seruan untuk lebih banyak lagi.

Para ilmuwan mengatakan urgensi pemanasan global sama besarnya dengan pidato mengerikan di Glasgow. Bumi hanya beberapa tahun lagi dari titik memenuhi tujuan yang ditetapkan dalam kesepakatan Paris menjadi tidak mungkin, karena kerusakan yang meningkat dari batu bara, minyak bumi, pertanian, dan sumber polusi lainnya.

sumber : AP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement