Rabu 10 Nov 2021 14:44 WIB

Empat Singa di Kebun Binatang Singapura Positif Covid-19

Diduga empat singa tertular Covid-19 usai melakukan kontak dengan staf kebun binatang

Rep: Rizky Suryarandika/ Red: Christiyaningsih
Diduga empat singa di kebun binatang Singapura tertular Covid-19 usai melakukan kontak dengan staf kebun binatang. Ilustrasi.
Foto: EPA-EFE/KIM LUDBROOK
Diduga empat singa di kebun binatang Singapura tertular Covid-19 usai melakukan kontak dengan staf kebun binatang. Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, SINGAPURA -- Empat singa Asia di kebun binatang yang dikelola Mandai Wildlife Group Singapura dinyatakan positif Covid-19. Diduga keempat singa tertular setelah melakukan kontak dengan staf kebun binatang itu yang terinfeksi.

Walau demikian, pihak Mandai Wildlife Group mengklaim kondisi keempat singa masih baik-baik saja. ''Semua singa tetap seperti biasa dan makan dengan baik,'' tulis laporan wakil presiden konservasi, penelitian, dan kedokteran hewan Mandai Wildlife Group, Sonja Luz, dilansir Channel News Asia pada Rabu (10/11).

Baca Juga

Menurut laporan, keempat singa Asia itu dinyatakan positif di Night Safari yaitu objek wisata yang populer disana. Singa-singa itu menunjukkan gejala ringan termasuk batuk, bersin, dan lesu pada Sabtu lalu. ''Ini setelah paparan staf dari Mandai Wildlife Group yang dites positif Covid-19,'' tulis laporan itu mengutip Animal and Veterinary Service (AVS).

AVS telah meminta Mandai Wildlife Group untuk mengisolasi sembilan singa Asia dan lima singa Afrika di sarang masing-masing. AVS menggunakan tes PCR untuk mendiagnosis empat singa Asia.

Seekor singa Afrika di Kebun Binatang Singapura juga menunjukkan gejala pada Senin lalu dan sedang menjalani pengujian. Kelompok Margasatwa Mandai mengatakan tiga penjaga dari bagian Night Safari Carnivore telah dinyatakan positif Covid-19. "Dua penjaga awalnya dites positif saat tidak bertugas," tulis laporan itu.

Tes Covid-19 dilakukan pada anggota tim yang pernah melakukan kontak dengan kedua penjaga hewan tersebut. Karyawan ketiga, yang tidak menunjukkan gejala, kemudian dinyatakan positif di tempat kerja dan diberhentikan dari tugas. ''Mereka menerima tes PCR positif konfirmasi pada 8 November,'' lanjut laporan itu.

Mandai Wildlife Group juga menyebut pameran singa Asia di sepanjang rute trem di Night Safari telah ditutup sejak Ahad lalu setelah keempat singa menunjukkan gejala gangguan pernapasan. ''Ada bukti hewan pada umumnya tidak jatuh sakit parah akibat virus Covid. Kami berharap singa akan sembuh total dengan perawatan suportif ringan. Namun, antiperadangan dan antibiotik dapat diresepkan jika perawatan lebih lanjut diperlukan,'' kata Dr Luz dari Mandai Wildlife Group.

Singapura melaporkan 3.397 kasus baru Covid-19, termasuk 169 dari asrama untuk pekerja migran. Kementerian Kesehatan melaporkan 12 kematian akibat komplikasi terkait virus corona yang mendorong jumlah kematian menjadi 523.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement