Kamis 18 Nov 2021 10:42 WIB

Aktor dan Sutradara Hollywood Ramai-Ramai Bela LSM Palestina

Aktor Hollywood menolak penetapan status teroris terhadap LSM Palestina oleh Israel.

Rep: Dwina Agustin/ Red: Teguh Firmansyah
 Richard Gere
Foto: Alessandro Della Bella/AP
Richard Gere

REPUBLIKA.CO.ID, LOS ANGELES -- Lebih dari 100 aktor Hollywood, sutradara film, penulis, dan musisi, pada Rabu (17/11) menandatangani surat terbuka yang mengkritik keputusan Israel untuk menunjuk enam kelompok masyarakat sipil Palestina yang terkemuka sebagai organisasi teroris. Surat itu menggambarkan langkah baru-baru ini oleh Israel sebagai serangan yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Mereka mendukung pembela hak asasi manusia Palestina dan meminta Israel untuk membatalkan penunjukan organisasi teroris terhadap kelompok sipil Palestina. "Pekerjaan vital dari enam organisasi ini untuk melindungi dan memberdayakan warga Palestina dan meminta pertanggungjawaban Israel atas pelanggaran berat hak asasi manusia dan rezim apartheid dari diskriminasi rasial yang dilembagakan adalah pekerjaan yang coba diakhiri oleh Israel,” kata surat itu dikutip dari Middleeasteye.

Baca Juga

Penandatanganan surat tersebut termasuk bintang Hollywood Richard Gere, Mark Ruffalo, Tilda Swinton, Susan Sarandon dan Simon Pegg. Kemudian sutradara Ken Loach, musisi Jarvis Cocker, band Massive Attack, dan penulis Rashid Khalidi dan Naomi Klein.

Ruffalo dikenal sebagai kritikus vokal Israel dan pendukung hak-hak Palestina. Dia sebelumnya berbagi petisi yang menyerukan para pemimpin internasional untuk menjatuhkan sanksi pada industri utama Israel sampai Palestina diberikan hak-hak sipil penuh dan setara.

Selama serangan Israel di Gaza pada Mei, Sarandon yang merupakan seorang aktor dan aktivis veteran, berbagi beberapa kicauan di Twitter tentang ketegangan. Dia termasuk yang mengangangkat posting-an bahwa Palestina menghadapi kolonialisme pemukim di tangan Israel.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement