Ahad 21 Nov 2021 09:18 WIB

Pukul Gambang: Maestro Masnah Hingga Jejak Armen di Betawi

Di mana jejak budaya India di Betawi?

Revitalisasi TamanKesenian Gambang Kromong memeriahkan saat peresmian pembangunan Revitalisasi Taman Ismail Marzuki (TIM) di Jakarta, Rabu (3/7).
Foto: Tahta Aidilla/Republika
Revitalisasi TamanKesenian Gambang Kromong memeriahkan saat peresmian pembangunan Revitalisasi Taman Ismail Marzuki (TIM) di Jakarta, Rabu (3/7).

REPUBLIKA.CO.ID, Oleh Ridwan Saidi, Politisi Senior, Sejarawan Betawi, dan Budayawan Betawi.

Pukul gambang

maen piano

Saya bimbang

sama siano

Dari mana gambang kromong? Bila merujuk instrumen bukan  China. Persamaan hanya pada rebab. Rabab atau rebab juga asal Arab. Gong, atau go'ong asli Andunisi. Gong merujuk tekstur. Lingkaran dengan titik tengah menonjol. Itu model makam wanita Peru.

Gendang Andunisi dengan Indochina sama. Kiri kanan ditutup kulit. China cuma sebelah. Pola musikalitas gambang mirip musik Indochina.

Gambang dibawa orang-orang Indochina pada era migrasi mereka besar-besaran pada XIII M. Bahwa di antara mereka menyimpan Chinese blood soal lain.

Ada tiga tingkat lagu gambang:

1. Phobin

2. Dalem (berkelas)

3. Sayur (pop).

photo
Keterangan foto: Masnah maestro penyanyi gambang yang menjadi pengiring pertunjukan cokek Betawi. - (Ridwan Saidi)

 

'Penyanyi dalem' satu-satunya Masnah (photo atas) yang  wafat 10 tahun lalu, dan tak ada gantinya.

Sekitar 20 tahun lalu saya bertemu Masnah di kampungnya Neglasari Tangerang, ia mengatakan menyiapkan tiga pengganti. Mungkin Masnah benar. Penggantinya tak beruntung. Era dalem telah berlalu. Sekarang lagu keroncong, pop, dangdut dibikin sayur.

Peta penyebaran gambang  terkuat Tangerang, terutama pesisir, Jakarta Timur dan Gunung Sindur (Depok). Di Bekasi pernah ada, tapi kini makin sulit didapat.

Tangerang itu artinya menyanyi. Kata itu berasal dari bahasa Armen. Mengerang punya akar kata yang sama dengan tangerang. Tangerang dari hymn (himne), bahasa Egypt (Mesir). Siano dalam lyric judul juga Egypt, artinya gadis. Di Sumatera Barat ada Ngarai Sianok.

Bila ditelusuri, jika sejarah peradaban Andunisi (sebutan Indonesia dalam dialek orang di Makkah pada tahun 1800-an) ditelusuri, dipastikan kita tak akan ketemu jejak India seperti digembar-gembor para arkaeolog.

Utak utik utak uger

Ayam rintik menclok di pager

Ade tikus kucing uber

Ade none saya seger

Tabik. Wassalam.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement