Rabu 24 Nov 2021 14:09 WIB

Putra Qaddafi Saif Al-Islam Terjegal Jadi Presiden Libya?

Jalan Saif Al-Islam putra Qaddafi jadi presiden Libya terhambat

Rep: Zahrotul Oktaviani, Rizky Jaramaya / Red: Nashih Nashrullah
Jalan Saif Al-Islam putra Qaddafi jadi presiden Libya terhambat. Saif al-Islam
Foto:

Adapun permintaan Pengadilan Kriminal Internasional untuk ekstradisinya, bisa jadi cukup untuk melarang Seif al-Islam mencalonkan diri.

Adapun Haftar, berkaitan dengan masalah kewarganegaraan Amerika Serikat dan dugaan pelanggaran selama pertempuran yang dilakukan oleh LNA, terutama selama pertempuran Tripoli dengan penemuan kuburan massal di Tarhuna, kemungkinan merupakan amunisi yang cukup untuk mengeluarkannya dari pemilihan.

Pencalonan Haftar memicu reaksi kemarahan di wilayah barat Libya. Puluhan protes dilakukan dan penyerangan terhadap cabang HNEC di sejumlah kota.

Duta besar dan utusan Amerika Serikat untuk Libya, Richard Norland, telah bertemu dengan Ketua HNEC Emad Al-Sayeh, di markas komisi dan kemudian bertemu dengan delegasi tingkat tinggi Libya di pangkalan udara Mitiga. Informasi yang bocor mengatakan Norland mengusulkan untuk mengajukan penawaran ke pengadilan.

Pengamat mengatakan, dengan Dbeibah masih tidak dapat mencalonkan diri, mengeluarkan Haftar dan Saif al-Islam dari perlombaan, akan membuka pintu bagi mantan menteri dalam negeri Fathi Bashagha, yang dipandang sebagai favorit Amerika Serikat, atau kandidat lain yang kurang terkenal.

Fathi Bashagha belum memasukkan dokumen kandidatnya ke HNEC, tetapi dia diperkirakan akan melakukannya dalam beberapa hari mendatang. Dia adalah orang pertama yang mengumumkan niatnya untuk mencalonkan diri dan memulai kampanye pemilihan awal dengan tur Eropa.  

Sementara itu, jaksa Libya telah menyerukan agar putra mantan penguasa Muammar Gaddafi, Saif al-Islam Gaddafi dan panglima perang Khalifa Haftar mundur dari pencalonan presiden.

Al-Ahrar TV mengatakan, jaksa militer Masoud Erhouma mengajukan permintaan kepada Kepala Komisi Pemilihan Umum Emad Al-Sayeh, untuk menghentikan pencalonan kedua kandidat tersebut.

Dilansir Anadolu Agency, Selasa (23/11), jaksa meminta kedua calon presiden itu hadir di hadapannya untuk menjawab tuduhan pembunuhan terhadap mereka.

Dalam permintaannya, Erhouma mengatakan, sebuah gugatan telah diajukan terhadap Saif al-Islam Gaddafi dan Haftar terkait pembunuhan warga sipil di kota Espiaa, selatan Tripoli, oleh tentara bayaran Wagner, Rusia.

Antara April 2019 dan Juni 2020, Haftar dibantu oleh kelompok Wagner dilaporkan melakukan pembantaian terhadap warga Libya, termasuk pembunuhan di Espiaa.

Erhouma menambahkan bahwa, Haftar juga dituduh membunuh 63 migran ilegal di kota Tajoura, timur Tripoli, pada Juli 2019. Termasuk membunuh dua orang Libya dalam penembakan di kota al-Zawiyah barat laut pada Desember 2019, dan 26 siswa dalam serangan terhadap akademi militer di Tripoli pada Desember 2020. Namun, Erhouma tidak merinci kaitan Saif al-Islam dengan pembunuhan di Espiaa.

Baca juga: Kian Dalami Islam, Mualaf Thenny Makin Yakin Kebenarannya

Hingga Ahad (21/11), sebanyak 61 kandidat mendaftar untuk mencalonkan diri dalam pemilihan presiden pada 24 Desember, termasuk Haftar dan Saif al-Islam.  Pemilihan presiden dan parlemen Libya akan berlangsung pada 24 Desember. 

Komisi Pemilihan Umum Libya membuka pendaftaran untuk kandidat dalam pemilihan presiden pada 8 November. Rakyat Libya berharap bahwa, pemilihan umum mendatang akan berkontribusi untuk mengakhiri konflik bersenjata yang telah melanda negara kaya minyak itu selama bertahun-tahun.

 

Sumber: thearabweekly  

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement