Kamis 25 Nov 2021 22:01 WIB

Macron: Eropa Harus Berkuat Kerja Sama Hadapi Penyelundupan

Prancis dan Inggris berusaha mencari cara mencegah imigran.

Rep: Lintar Satria/ Red: Muhammad Hafil
Macron: Eropa Harus Berkuat Kerja Sama Hadapi Penyelundupan. Foto: Imigran ilegal (ilustrasi)
Foto: Corbis
Macron: Eropa Harus Berkuat Kerja Sama Hadapi Penyelundupan. Foto: Imigran ilegal (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, PARIS--Presiden Prancis Emmanuel Macron mengatakan Eropa harus memperkuat kerjasama untuk mengatasi penyelundupan manusia. Hal ini disampaikan setelah 27 imigran tewas saat perahu mereka tenggelam ketika mencoba menyeberangi Selat Inggris.

Selat Inggris laut yang memisahkan Britania Raya dengan Prancis bagian utara. "Kami harus memperkuat kerja sama Eropa pada bidang ini, Prancis merupakan negara transit," kat Macron selama konferensi pers di Zagreb, Kamis (25/11).

Baca Juga

'Saya juga akan mengatakan dengan tegas pasukan keamanan kami dimobilisasi pada siang dan malam hari," tambahnya.

Prancis dan Inggris berusaha mencari cara mencegah imigran untuk menyeberangi laut yang memisahkan dua negara itu. Tapi Macron dan Perdana Menteri Boris Johnson memiliki pandangan yang berbeda siapa yang perlu disalahkan atas tragedi tersebut.

Dalam sambungan teleponnya dengan Johnson Rabu (24/11) malam, Macron menekankan kedua negara menanggung tanggung jawab yang sama. Johnson mengatakan Inggris sulit membujuk Prancis untuk mengatasi masalah ini dengan cara yang benar.

Pada Kamis (25/11) pagi Perdana Menteri Prancis Jean Castex menggelar rapat darurat. Sementara pihak berwenang menangkap tersangka kelima penyeludupan manusia yang berkaitan dengan tragedi tersebut. 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement