Jumat 26 Nov 2021 14:20 WIB

WHO Gelar Pertemuan Istimewa Bahas Varian Botswana

Varian Botswana dikenal juga dengan varian B.1.1.529.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
Salah seorang pejabat Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) Maria Van Kerkhove menyebut pihaknya belum mengetahui banyak informasi mengenai varian baru virus penyebab Covid-19 yang muncul di Botswana.
Foto:

Saat ini, varian B.1.1.529 juga sudah terdeteksi di Botswana. Ada pula satu kasus yang terdeteksi di Hong Kong, melibatkan pasien yang baru saja melakukan perjalanan ke Afrika Selatan.

"Saat ini, peneliti sedang bekerja sama untuk memahami di mana mutasi ini berada pada spike protein dan situs pembelahan furin, dan apa kemungkinan maknanya bagi diagnosis, terapi, atau vaksin kita," ujar Dr Kerkhove.

Virus Evolution Working Group dari WHO akan menentukan apakah varian B.1.1.529 akan menjadi variant of interest atau variant of concern. Setelah itu, WHO akan memberikan nama baru untuk varian tersebut menggunakan nama Yunani.

Pemantauan terhadap varian B.1.1.529 dilakukan seiring mulai kembali meningkatnya kasus Covid-19 di berbagai negara menjelang momen libur panjang. WHO mengatakan saat ini hot spot Covid-19 tersebar di berbagai wilayah, khususnya Eropa.

Menyusul temuan varian baru ini, Inggris mengambil tindakan untuk melarang penerbangan dari enam negara Afrika. Keenam negara tersebut adalah Afrika Selatan, Namibia, Lesotho, Eswatini, Zimbabwe, dan Botswana.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement