Rabu 01 Dec 2021 10:16 WIB

Antisipasi Omicron, Fauci: Dapatkan Vaksin Booster

Fauci merekomendasikan booster vaksin Covid-19 untuk mengantisipasi omicron.

Rep: Santi Sopia/ Red: Reiny Dwinanda
Pakar penyakit menular dr Anthony Fauci merekomendasikan booster vaksin Covid-19 untuk mengantisipasi varian omicron.
Foto:

Pada 29 November, CDC memperkuat keputusannya untuk memperluas cakupan booster. CDC mendorong orang dewasa yang telah divaksinasi untuk mendapatkan suntikan tambahan ini.

Booster bisa diterima enam bulan setelah dosis kedua vaksin Pfizer atau Moderna. Penerima vaksin dosis tunggal Johnson & Johnson bisa mendapatkannya selang dua bulan.

photo
Gejala ringan tak lazim pasien omicron - (Infografis Republika.co.id)

"Kemunculan varian omicron (B.1.1.529) baru-baru ini semakin menekankan pentingnya vaksinasi, booster, dan upaya pencegahan yang diperlukan untuk melindungi dari Covid-19,” demikian pernyataan CDC.

Fauci juga mengatakan bahwa siapa pun yang belum divaksinasi harus mendapatkanya sesegera mungkin. Vaksin tetap penting sekalipun varian omicron nantinya dinilai dapat menembus perlindungan yang diberikan vaksin.

Direktur CDC Rochelle Walensky, MD, mengatakan masih ada sekitar 47 juta orang dewasa AS yang tidak divaksinasi dan lebih dari 12 juta remaja tidak divaksinasi. Padalah, mereka memenuhi syarat untuk vaksinasi.

"Agar lebih jelas, kita memiliki lebih banyak alat untuk melawan varian hari ini daripada yang kita miliki tahun lalu," kata Walensky.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement