Kamis 02 Dec 2021 01:11 WIB

Museum Buya Hamka Peringkat Kedua API Award 2021

Tahun ini menjadi tahun pertama Agam mengikuti API Award.

Rep: Febrian Fachri/ Red: Agus raharjo
Museum Buya Hamka terletak di tepian Danau Maninjau, tepatnya di Nagari Sungai Batang, Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam, Sumatra Barat.
Foto: Istimewa
Museum Buya Hamka terletak di tepian Danau Maninjau, tepatnya di Nagari Sungai Batang, Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam, Sumatra Barat.

REPUBLIKA.CO.ID, AGAM- Museum Buya Hamka menempati peringkat kedua Anugerah Pesona Indonesia (API) Award 2021. Agam mendapatkan penghargaan di API Award untuk kategori situs sejarah.

Penetapan peringkat ini diumumkan acara puncak API Award 2021, di Sekayu Kabupaten Musi Banyuasin, Provinsi Sumatra Selatan, Selasa (30/11) malam. “Alhamdulillah, Museum Buya Hamka jadi terbaik kedua kategori situs sejarah pada API Award 2021,” kata Bupati Agam Andri Warman, Rabu (1/12).

Baca Juga

Andri mengucapkan terimakasih pada masyarakat yang telah berikan like-nya di Instagram @ayojalanjalanindonesia dan @apiaward, sebagai penentu untuk pemenang API tahun ini. Ia juga berterima kasih kepada Universitas Muhammadiyah Sumatra Barat yang telah banyak terlibat dalam API Award ini.

“Ini tahun pertama Agam ikuti API Award dari enam tahun penyelenggaraan. Alhamdulillah, tahun pertama ini kita bisa raih peringkat dua,” ujar Andri.

Ia mengaku bangga, karena rumah kelahiran ulama besar Indonesia asal Minangkabau, tepatnya pinggir Danau Maninjau ini cukup diperhitungkan di tingkat Nasional melalui API Award ini. Museum Buya Hamka ini menurut dia salah satu objek wisata andalan di Kabupaten Agam.

Di museum tersebut, lanjut Andri ada banyak karya-karya peninggalan Buya Hamka yang dapat dinikmati pengunjung. Mulai dari buku, benda, dokumentasi perjalanan dan banyak lainnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement