Jumat 17 Dec 2021 10:01 WIB

Jepang Jadikan Vaksin Covid-19 Moderna Sebagai Booster

Jepang setujui pemberian vaksin Covid-19 Moderna untuk dosis penguat (booster).

Rep: Santi Sopia/ Red: Reiny Dwinanda
Vaksin Covid-19 Moderna telah mendapat persetujuan untuk digunakan sebagai dosis penguat (booster) di Jepang.
Foto:

Setelah awal yang relatif terlambat, Jepang telah sepenuhnya memvaksinasi hampir 80 persen populasinya. Negara ini masih memiliki sekitar 31 juta dosis tersisa vaksin Pfizer dan Moderna dan punya kesepakatan untuk mendapatkan 170 juta dosis lagi pada tahun 2022.

photo
Ilustrasi Vaksin Covid-19 Dosis Ketiga atau Booster - (republika/mardiah)

Infeksi SARS-CoV-2 di Jepang telah melambat secara dramatis sejak gelombang kelima yang memuncak pada Agustus. Para ahli mengatakan fakta bahwa Jepang memulai dorongan vaksinnya kelak dapat membantu menjaga kasus Covid-19 tetap rendah, karena kekebalan dari vaksin bagi kebanyakan orang belum berkurang.

Menteri Kesehatan Shigeyuki Goto mengatakan pada pekan lalu bahwa booster harus diberikan sesegera mungkin, alih-alih menahan jeda delapan bulan dari dua suntikan pertama. Takeda menyatakan dapat membuat 250 juta dosis vaksin di pabrik Hikari di Jepang barat, dan telah dikontrak untuk menjual 150 juta kepada pemerintah Jepang.

Takeda juga menangani impor dan distribusi suntikan Moderna di Jepang. Adapun vaksin Novavax juga diterima di Indonesia sebagai penggunaan darurat pertama pada awal November diikuti oleh Filipina.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement