Kamis 23 Dec 2021 11:19 WIB

China Perintahkan Lockdown 13 Juta Warga di Xian

Warga diminta tinggal di rumah, kecuali ada keperluan mendesak.

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Teguh Firmansyah
Virus corona (ilustrasi)
Foto: Pixabay
Virus corona (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, BEIJING -- Pemerintah China pada Rabu (22/12) memerintahkan penguncian atau lockdown terhadap 13 juta orang di lingkungan dan tempat kerja di Kota Xi'an. Perintah ini menyusul lonjakan kasus virus corona yang memicu kepanikan.

Media pemerintah melaporkan, pejabat kota memerintahkan semua penduduk tinggal di rumah kecuali mereka memiliki alasan mendesak untuk keluar. Pemerintah kota juga menangguhkan semua transportasi umum.

Baca Juga

Perintah penguncian itu mulai berlaku pada Rabu tengah malam dan berlangsung tanpa batas waktu. Satu orang dari setiap rumah tangga akan diizinkan keluar setiap dua hari untuk membeli kebutuhan rumah tangga.

Unggahan di media sosial menunjukkan warga Xi'an dengan panik membeli pasokan bahan makanan dan produk rumah tangga dalam jumlah besar. Pemerintah mengatakan, pasokan kebutuhan pangan akan dibawa pada Kamis (23/12).

Xi'an pada Rabu, melaporkan 52 kasus baru virus Corona yang ditularkan secara lokal selama 24 jam sebelumnya. China telah mengadopsi langkah-langkah pengendalian pandemi yang ketat di bawah program tanpa transmisi, yang mengarah pada penguncian dan pengujian massal.

Langkah-langkah itu telah ditingkatkan dalam beberapa hari terakhir menjelang dimulainya Olimpiade Musim Dingin Beijing pada 4 Februari. Penguncian di Xi'an merupakan salah satu tindakan yang paling keras sejak China memberlakukan penguncian ketat di Wuhan, ketika Covid-19 pertama kali tedeteksi.

sumber : AP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement