Jumat 24 Dec 2021 05:41 WIB

Rusia Kirim 1.775 Ton Bantuan Kemanusiaan ke Suriah

Bantuan seperti generator listrik, peralatan medis, obat-obatan, dan bahan makanan.

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Teguh Firmansyah
Seorang wanita menggantung cucian di kamp pengungsi yang terendam banjir di provinsi Idlib, Suriah, Selasa, 21 Desember 2021.
Foto: AP/Ghaith Alsayed
Seorang wanita menggantung cucian di kamp pengungsi yang terendam banjir di provinsi Idlib, Suriah, Selasa, 21 Desember 2021.

REPUBLIKA.CO.ID,  MOSKOW -- Rusia mengirimkan 1.775 ton bantuan kemanusiaan ke Suriah sepanjang tahun ini. Konflik Suriah telah berlangsung selama satu dekade dan belum memperlihatkan tanda bakal berakhir.

 “Berkat posisi aktif otoritas eksekutif federal, subjek, dan organisasi Federasi Rusia, 1.775 ton kargo kemanusiaan telah dikirim ke Suriah pada 2021. Mereka termasuk generator listrik, peralatan medis, obat-obatan, bahan makanan, perlengkapan sekolah, pakaian, dan barang kebutuhan sehari-hari,” kata Kepala Pusat Kontrol Pertahanan Rusia Kolonel Jenderal Mikhail Mizintsev, Kamis (23/12), dikutip laman kantor berita Rusia, TASS.

Baca Juga

Dia mengungkapkan, selama setahun terakhir, 183 misi kemanusiaan dilakukan di Suriah. Misi itu menjangkau hampir seluruh wilayah negara tersebut. Mizintsev mengatakan, pada Juli dan November, delegasi antar-lembaga Rusia mengunjungi Suriah. Kunjungan melibatkan 22 kementerian dan lembaga, 23 wilayah dan 18 organisasi.

Konflik sipil Suriah telah berlangsung sejak 2011. Menurut PBB, pertempuran sudah menelan lebih dari 350 ribu korban jiwa. Konflik pun memaksa jutaan warga di sana mengungsi. Mereka melarikan diri ke berbagai negara, termasuk Eropa.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement