Selasa 28 Dec 2021 20:18 WIB

25 Persen Awak Kapal Perang USS Milwaukee AS Terinfeksi Covid-19

Kapal perang tersebut tetap berada di pelabuhan, di Naval Station.

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Teguh Firmansyah
Kapal perang Amerika (ilustrasi)
Foto: VOA
Kapal perang Amerika (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Sekitar 25 persen awak kapal perang Angkatan Laut Amerika Serikat (AS), USS Milwaukee, terpapar Covid-19. Kapal perang tersebut tetap berada di pelabuhan, di Naval Station Guantanamo Bay di Kuba, pada Senin (27/12).

USS Milwaukee memiliki lebih dari 100 awak. Kapal tersebut terpaksa menghentikan pelayarannya pada akhir pekan lalu karena wabah virus Corona.  Pejabat pertahanan yang berbicara dengan syarat anonim mengatakan, jumlah pelaut yang terinfeksi relatif konstan pada saat ini.

Baca Juga

Kru yang terpapar Covid-19 sedang menjalani isolasi di atas kapal. Angkatan Laut mengatakan, seluruh kru USS Milwaukee telah menerima vaksinasi lengkap.

Kapal tempur siluman, USS Milwaukee berlayar dari Naval Station Mayport di Jacksonville, Florida, pada 14 Desember. Kapal tersebut berlabuh di Florida sebelum melanjutkan pelayaran menuju ke wilayah Komando Selatan AS.

Secara terpisah, kapal perang AS lainnya terpaksa menunda pelayarannya karena pandemi Covid-19. Juru bicara Armada ke-3, Sean Robertson, mengatakan, kapal perusak USS Halsey menunda pemindahan homeport dari Pearl Harbor, di Hawaii, ke San Diego karena sebagian besar awaknya terinfeksi Covid-19.

Kapal USS Halsey akhirnya bisa meninggalkan Hawaii pada hari Ahad (26/12).  Seorang pejabat Angkatan Laut mengatakan, sekitar sepertiga dari awak USS Halsey dinyatakan positif terkena virus korona yang terkait dengan varian omicron. Sebagian besar mengalami gejala ringan atau tidak mengalami gejala sama sekali.

USS Halsey memiliki sekitar 300 anggota awak. Robertson mengatakan, seluruh kru telah menerima vaksinasi lengkap, termasuk suntikan booster atai dosis ketiga.

 

Pejabat AS mengatakan, Angkatan Laut percaya bahwa vaksinasi penuh  awak kapal adalah faktor kunci dalam mengendalikan wabah. Angkatan Laut mengatakan, sebagian dari mereka yang terinfeksi memiliki gejala ringan, dan varian spesifiknya belum diketahui.  

Wabah Covid-19 besar yang menimpa militer AS terjadi pada awal tahun lalu di kapal perang Angkatan Laut, USS Theodore Roosevelt. Kapal Roosevelt absen di Guam selama hampir dua bulan

Lebih dari 1.000 dari total 4.800 awak USS Theodore Roosevelt dinyatakan positif.  Satu pelaut meninggal, dan seluruh kru menjalani karantina selama berminggu-minggu. Menurut data terbaru yang dirilis oleh Angkatan Laut, lebih dari 98 persen pelaut yang bertugas aktif telah menerima vaksin Covid-19 lengkap.

sumber : AP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement