Rabu 05 Jan 2022 13:09 WIB

Meteor Meledak Setara 30 Ton TNT Terasa di AS

Satelit merekam kilatan di atas Washington County sebelum pukul 11.30 pada Sabtu.

Rep: Dwina Agustin/ Red: Teguh Firmansyah
Pemandangan meteor jatuh ke Bumi (ilustrasi).
Foto: Reuters
Pemandangan meteor jatuh ke Bumi (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, PITTSBURGH -- Sebuah meteor menyebabkan ledakan dahsyat yang terasa di pinggiran Pittsburgh, Amerika Serikat (AS), pada hari tahun baru telah dikonfirmasi. Benda itu meledak di atmosfer dengan ledakan energi yang setara dengan sekitar 30 ton TNT.

Layanan Cuaca Nasional di Pittsburgh awalnya menanggapi dengan kemungkinan ledakan meteor ketika orang-orang turun ke media sosial untuk mencari jawaban pada malam tahun baru.

Baca Juga

Meteor Watch NASA yang kemudian mengonfirmasi ledakan meteor di sebuah unggahan Facebook pada Senin (3/1), mengatakan, stasiun infrasonik terdekat mencatat gelombang ledakan dari meteor saat pecah, menyebabkan ledakan sonik. Data tersebut memungkinkan perkiraan energi yang dilepaskan setara dengan 30 ton TNT.

"Jika kita membuat asumsi yang masuk akal mengenai kecepatan meteor (45.000 mph, atau 72.400 km/jam), kita dapat mengecilkan ukuran objek dengan diameter sekitar satu yard, dengan massa hampir setengah ton,” kata badan tersebut dikutip dari TheGuardian.

Jika bukan karena cuaca mendung, Layanan Cuaca Nasional di Pittsburgh menyatakan, benda mirip bola api akan mudah terlihat di langit siang hari. Mungkin terangnya sekitar 100 kali kecerahan bulan purnama.

Ahli meteorologi National Weather Service Shannon Hefferan mengatakan kepada Tribune-Review bahwa data satelit merekam kilatan di atas Washington County sesaat sebelum pukul 11.30 pada Sabtu ((1/1). Para pejabat percaya itu karena meteor jatuh melalui atmosfer. Hefferan mengatakan peristiwa serupa terjadi pada 17 September di Hardy County, Virginia Barat.

Penduduk di South Hills dan daerah lain melaporkan mendengar suara keras dan merasakan rumah mereka bergetar dan berderak. Pejabat Kabupaten Allegheny mengatakan telah mengkonfirmasi bahwa tidak ada aktivitas seismik dan tidak ada guntur dan kilat.

"[Itu] adalah ledakan yang sangat keras dan mengguncang rumah saya di Verona. Meraih anjing saya saat kami berdua terkejut ... mengira gempa bumi, kereta tergelincir atau tabrakan besar di jalan tol di belakang rumah saya," tulis satu orang sebagai tanggapan atas ledakan itu.

"Kami melihat dan mendengarnya di sini di Ohio Barat Daya, kami melihat kilatan besar dan kira-kira tiga atau empat detik kemudian ledakan besar itu benar-benar mengguncang rumah kami, saya pikir seseorang menyalakan dinamit," tambah pria lain.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement