Selasa 11 Jan 2022 20:49 WIB

Israel tak akan Patuhi Kesepakatan Nuklir Iran

Israel mengaku akan mempertahankan kebebasan tak terbatas untuk bertindak,

Perdana Menteri Israel Naftali Bennett.
Foto: AP/Gil Cohen-Magen/Pool AFP
Perdana Menteri Israel Naftali Bennett.

REPUBLIKA.CO.ID, TEL AVIV -- Israel tidak akan membatasi diri dengan perjanjian nuklir antara [negara] kekuatan dunia dan Iran. Israel tak punya kewajiban mematuhinya. Demikian disampaikan Perdana Menteri Israel Naftali Bennett pada Senin (10/11.

“Israel tak mengambil bagian dalam perjanjian dan tidak memiliki kewajiban seperti mereka. Israel akan mempertahankan kebebasan tak terbatas untuk bertindak,” kata Bennett kepada Komite Urusan Luar Negeri dan Pertahanan Knesset (parlemen Israel).

Baca Juga

"Iran adalah kepala gurita yang terus-menerus mengancam Israel melalui kuasanya," tambah PM Israel dalam pernyataan yang dikutip oleh harian Jerusalem Post.

Pada Sabtu, pejabat Rusia dan Iran mengatakan kemajuan telah dibuat dalam pembicaraan Wina untuk menghidupkan kembali perjanjian nuklir 2015. Utusan Rusia untuk negosiasi nuklir Iran Mikhail Ulyanov mengatakan bahwa pembicaraan bergerak "pelan tapi pasti".

Pembicaraan maraton putaran kedelapan antara Iran dan P4+1 (Rusia, China, Prancis, Inggris, dan Jerman) dilanjutkan di ibu kota Austria pada 27 Desember.

Pembicaraan dipusatkan pada permintaan utama Iran untuk mencabut sanksi yang dijatuhkan oleh mantan presiden AS menyusul penarikan sepihak dari kesepakatan penting pada Mei 2018.

Sumber,  https://www.aa.com.tr/id/dunia/israel-sebut-tidak-akan-patuhi-kesepakatan-nuklir-iran/2470449

sumber : Anadolu
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement