Rabu 12 Jan 2022 19:05 WIB

Dokter Anthony Fauci Dituding Sembunyikan Info Asal-Usul Covid-19

China menentang upaya politisasi terkait asal usul Covid-19.

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Teguh Firmansyah
Anthony Fauci, pakar penyakit menular terkemuka AS.
Foto:

China kemudian menyatakan bahwa penyelidikan awal tentang asal-usul Covid-19 yang dilakukan bersama WHO dan para ahli asal negaranya sudah cukup. Beijing menilai, seruan untuk penyerahan data lebih lanjut bermotif politik daripada kepentingan ilmiah.

"Kami menentang penelusuran politik dan mengabaikan laporan bersama yang dikeluarkan setelah kunjungan tim ahli WHO ke Wuhan pada Januari. Kami mendukung penelusuran ilmiah,” kata Wakil Menteri Luar Negeri Cina Ma Zhaouxu kala itu.

Dia menekankan, kesimpulan dan rekomendasi laporan bersama WHO-Cina diakui oleh komunitas internasional serta komunitas ilmiah. “Pekerjaan penelusuran global di masa depan harus dan hanya dapat dilakukan lebih lanjut berdasarkan laporan ini, daripada memulai yang baru,” ujar Ma.

Pada Maret 2021, WHO merilis hasil penyelidikan tentang asal-usul Covid-19 yang dilakukan bersama para ahli dari China. Mereka menjelaskan skenario paling mungkin terkait rantai penyebaran adalah virus dibawa kelelawar, kemudian ditularkan ke manusia lewat hewan lain. Tim mengusulkan penelitian lebih lanjut di setiap area, kecuali hipotesis kebocoran laboratorium.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement