Rabu 12 Jan 2022 21:20 WIB

Covid-19 Melonjak, Korsel Distribusikan Pil Paxlovid-Gunakan Vaksin Novavax

Di tengah lonjakan Covid-19, Korsel mulai izinkan penggunaan Paxlovid-vaksin Novavax.

Rep: Fergi Nadira B/ Red: Reiny Dwinanda
Pil paxlovid dari Pfizer diproduksi di Italia. Korsel mengizinkan penggunaan Paxlovid dan vaksin Novavax di tengah lonjakan kasus Covid-19.
Foto:

Pengembang vaksin Korsel SK Bioscience Co Ltd mengatakan, pihaknya akan memproduksi vaksin Novavax. Vaksin dua dosis berbasis protein itu telah mendapatkan otorisasi dari regulator Uni Eropa dan Organisasi Kesehatan Dunia.

Vaksin tersebut telah disahkan penggunaannya secara darurat di India, Indonesia, dan Filipina. Mitra Novavax, Serum Institute of India, akan memasoknya. Novavax juga tengah menunggu persetujuan di Jepang dan akan diproduksi dan didistribusikan oleh Takeda Pharmaceutical.

photo
Kantor pusat Novavax di Maryland, Amerika Serikat. - (EPA)

Setidaknya, 84,2 persen dari 52 juta penduduk negara itu telah divaksinasi lengkap, sementara 42,5 persen, telah menerima suntikan booster. Korsel mencatat 4.388 kasus Covid-19 baru pada Selasa tengah malam.

Badan Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Korea (KDCA) mencatat total 674.868 kasus dan 6.166 kematian sejak pandemi dimulai. Jumlah itu telah turun dari tertinggi sepanjang masa hampir 8.000 kasus harian pada pertengahan Desember 2021, ketika pihak berwenang memberlakukan kembali langkah-langkah jarak sosial yang ketat untuk mencoba membendung gelombang Covid-19.

Sejauh ini, omicron hanya menyumbang sebagian kecil dari kasus Korsel. Namun ,persentase itu telah meningkat menjadi lebih dari 12,5 persen dari 4 persen pada akhir Desember 2021.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement