Selasa 18 Jan 2022 16:44 WIB

Cemaskan Omicron, China Sterilisasi Surat dan Paket dari Luar Negeri

China Post sebut surat dapat menjadi sumber penularan Covid-19.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Reiny Dwinanda
Ilustrasi varian omicron dari virus penyebab Covid-19. China Post mendesak masyarakat mengurangi pesanan barang dari luar negeri demi mencegah penyebaran omicron.
Foto:

Menurut CDC, ada pengurangan 99 persen jejak virus yang tersisa di sebagian besar permukaan dalam tiga hari. Meski begitu, agaknya China tidak mau mengambil risiko. Hingga kini, negara masih menerapkan protokol ketat.

Pemerintah memberlakukan lockdown lokal, tes Covid-19 massal, dan pelacakan melalui aplikasi kesehatan untuk membasmi infeksi segera setelah kasus terdeteksi. Aturan semakin ditegakkan setelah merebaknya varian delta dan omicron.

Dalam beberapa pekan terakhir, jutaan orang di beberapa kota masih diminta berdiam di rumah saja. Pada Selasa (18/1/2022), China melaporkan 127 kasus baru Covid-19 yang ditularkan secara lokal.

Sementara itu, infeksi baru juga terdeteksi di daerah yang menerima paket barang internasional dalam volume tinggi. Beberapa di antaranya termasuk bagian timur kota pelabuhan Tianjin dan sebelah selatan wilayah manufaktur Guangdong, dikutip dari laman Channel News Asia, Selasa (18/1/2022).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement