Senin 07 Feb 2022 19:26 WIB

Cara Memperbaiki Komputer yang Lemot

Ada beberapa penyebab kinerja komputer menjadi lambat.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Dwi Murdaningsih
Seseorang sedang menggunakan di keyboard komputer (ilustrasi)
Foto: VOA
Seseorang sedang menggunakan di keyboard komputer (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Kinerja komputer pribadi (PC) yang lambat dapat membuat hidup menjadi lebih frustasi. Terlebih, jika ada pekerjaan yang harus diselesaikan secepatnya.

Namun, Anda tak perlu khawatir. Ada sejumlah cara yang bisa Anda lakukan untuk memperbaiki kinerja komputer yang lambat dengan melihat Task Manager, mengontrol jumlah aplikasi yang terbuka, dan beberapa trik lain.

Baca Juga

Task Manager

Task Manager bisa memberi tahu Anda informasi tentang apa yang membebani prosesor, jumlah memori dan data jaringan yang digunakan untuk suatu program. Cara mudah untuk membuka Task Manager di Windows 10 adalah dengan klik kanan pada Taskbar dan pilih Task Manager dari daftar opsi. Sementara di Windows 11, klik pada kaca pembesar di Taskbar dan cari Task Manager.

Tampilan default Task Manager tidak menunjukkan banyak informasi di luar aplikasi mana yang sedang berjalan. Untuk melihat hal penting, klik More Details di pojok kiri bawah.

Secara default, daftar ini dipecah menjadi Aplikasi dan Proses Latar Belakang. Kedua itu bisa disegarkan secara teratur. Anda bisa membiarkan Task Manager berjalan selama beberapa menit dan menontonnya. Perhatikan aplikasi yang muncul di bagian atas daftar,lalu menghilang beberapa detik kemudian. Cari proses yang berada di urutan teratas daftar dengan memori tinggi atau penggunaan CPU.

Tiga alasan umum buat komputer lambat     

1.Pemindaian antivirus

Setelah melihat sistem Anda berjalan lambat dengan Task Manager terbuka, Anda mungkin telah memperhatikan bahwa perangkat lunak antivirus secara rutin berada di dekat bagian atas daftar. Perangkat lunak antivirus dapat memperlambat sistem saat memindai komputer dari malware dan virus secara aktif.

Alih-alih membiarkan program antivirus memindai kapan pun, Anda bisa menjadwalkannya. Mengubah jadwal pemindaian akan bergantung pada program yang Anda gunakan, tetapi umumnya, Anda dapat membuka aplikasi dan membuka panel pengaturan.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement