Kamis 17 Feb 2022 07:39 WIB

Puluhan Wanita Diperkosa oleh Pemberontak Tigray

Pemberontak Tigray memerkosa puluhan wanita.

Rep: Mabruroh/ Red: Muhammad Hafil
Puluhan Wanita Diperkosa oleh Pemberontak Tigray. Foto: Pelecehan seksual terhadap anak (ilustrasi)
Puluhan Wanita Diperkosa oleh Pemberontak Tigray. Foto: Pelecehan seksual terhadap anak (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,ADIS ADABA — Amnesty International telah melaporkan pemerkosaan berkelompok dan pembunuhan warga sipil tak berdosa dalam perang di Ethiopia. Mereka, para pemberontak Tigrayan dengan sengaja membunuh warga sipil dan memperkosa puluhan wanita dan gadis di bawah umur di dua kota di wilayah Amhara Ethiopia pada tahun lalu.

“Ini contoh terbaru dari korban mengerikan yang ditimbulkan oleh perang 15 bulan,” kata Amnesty International dilansir dari Alaraby, Kamis (17/2)

Baca Juga

Pengawas hak asasi manusia itu mewawancarai 30 korban pemerkosaan, beberapa masih berusia 14 tahun. Mereka juga mewawancarai korban kekerasan lainnya yang menjadi korban kekejaman di Chenna dan Kobo pada Agustus dan September lalu, setelah pemberontak dari Front Pembebasan Rakyat Tigray (TPLF) menguasai kota-kota tersebut.

“Hampir setengah dari korban kekerasan seksual mengatakan mereka diperkosa beramai-ramai,” kata Amnesty.

Seorang dokter mengatakan kepada Amnesty bahwa beberapa korban menderita luka robek yang kemungkinan disebabkan oleh bayonet senapan yang dimasukkan ke alat kelamin mereka.

Seorang siswi berusia 14 tahun mengatakan, bahwa dia dan ibunya sama-sama diperkosa oleh TPLF yang mengatakan serangan itu sebagai pembalasan atas kekejaman yang dilakukan terhadap keluarga mereka sendiri.

“Salah satu dari mereka memperkosa saya di halaman dan yang lain memperkosa ibu saya di dalam rumah," ungkapnya.

"Ibuku sangat sakit sekarang, dia sangat tertekan dan putus asa. Kami tidak membicarakan apa yang terjadi, itu tidak mungkin,” tambahnya.

Investigasi tersebut mengikuti publikasi laporan Amnesty pada November lalu yang mendokumentasikan serangan seksual oleh pemberontak Tigrayan di kota Amhara, Nifas Mewcha.

Bukti semakin meningkat tentang pola pasukan Tigrayan yang melakukan kejahatan perang dan kemungkinan kejahatan terhadap kemanusiaan di daerah-daerah di bawah kendali mereka di wilayah Amhara mulai Juli 2021 dan seterusnya.

"Ini termasuk insiden pemerkosaan yang meluas, pembunuhan dan penjarahan, termasuk dari rumah sakit," kata wakil direktur Amnesty untuk Afrika Timur, Sarah Jackson.

Penduduk Kobo mengatakan pasukan TPLF menembak mati warga sipil tak bersenjata. Jackson berpendapat TPLF  melakukan pembunuhan balas dendam setelah menghadapi perlawanan terhadap kemajuan mereka oleh milisi Amhara.

"Mayat pertama yang kami lihat berada di dekat pagar sekolah. Ada 20 mayat tergeletak menghadap pagar dan tiga mayat lagi di kompleks sekolah. Sebagian 

besar ditembak di belakang kepala dan beberapa di bagian belakang tubuhnya.

"Mereka yang tertembak di bagian belakang kepala tidak dapat dikenali karena sebagian wajah mereka hancur," kata seorang warga laki-laki.

TPLF tidak menanggapi tuduhan terbaru itu. Tetapi kelompok pemberontak sebelumnya telah mengkritik pengawas atas laporan sebelumnya tentang dugaan kekejaman di Nifas Mewcha, dan akan melakukan penyelidikan sendiri dan membawa pelaku ke pengadilan.

Perang di Ethiopia utara telah diselingi oleh kisah pembantaian dan pemerkosaan massal, dengan ribuan orang tewas dan ratusan ribu di ambang kelaparan.

Amnesty sebelumnya telah mendokumentasikan pemerkosaan ratusan perempuan dan anak perempuan oleh tentara Ethiopia dan Eritrea di Tigray.

Investigasi bersama oleh kantor kepala hak asasi PBB Michelle Bachelet dan Komisi Hak Asasi Manusia Ethiopia yang berafiliasi dengan pemerintah yang diterbitkan November lalu menemukan bukti "pelanggaran serius" oleh semua pihak, dengan mengatakan bahwa beberapa pelanggaran mungkin termasuk kejahatan terhadap kemanusiaan.

Sumber:

https://english.alaraby.co.uk/news/dozens-women-gang-raped-tigray-rebels-says-amnesty

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement