Kamis 17 Feb 2022 11:52 WIB

Rusia dan Brasil Sepakat Tingkatkan Kerja Sama Bilateral

Putin menyebut Brasil sebagai salah satu mitra terpenting Rusia di Amerika Latin.

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Friska Yolandha
Presiden Brasil Jair Bolsonaro bersalaman dengan Presiden Rusia Vladimir Putin dalam pertemuan di Moskow, Rusia, Rabu (16/2/2022).
Foto: Mikhail Klimentyev, Sputnik, Kremlin Pool Pho
Presiden Brasil Jair Bolsonaro bersalaman dengan Presiden Rusia Vladimir Putin dalam pertemuan di Moskow, Rusia, Rabu (16/2/2022).

REPUBLIKA.CO.ID, MOSKOW -- Brasil dan Rusia pada Rabu (16/2/2022) sepakat untuk mengembangkan kerja sama di berbagai bidang. Hal ini diungkapkan dalam pertemuan tingkat tinggi antara Presiden Brasil Jair Bolsonaro dengan Presiden Rusia Vladimir Putin. 

Putin menyebut Brasil sebagai salah satu mitra terpenting Rusia di Amerika Latin. Tahun lalu, perdagangan kedua negara tumbuh 87 persen. Putin mengatakan, Rusia dan Brasil berhasil mengerjakan proyek-proyek di bidang energi hidro dan nuklir, industri kimia dan farmasi, dan eksplorasi ruang angkasa.

Baca Juga

Dalam kesempatan tersebut, Putin berterima kasih kepada Presiden Bolsonaro karena telah mengambil bagian dalam Forum Ekonomi Internasional Saint Petersburg tahun lalu. Putin menyatakan harapannya bahwa delegasi Brasil dapat berkunjung ke Rusia pada tahun ini. Putin mengatakan, Rusia dan Brasil akan melanjutkan kerja sama dalam kerangka kelompok BRICS, yaitu formasi ekonomi yang terdiri dari Brasil, Rusia, India, China, dan Afrika Selatan.

Brasil dan Rusia sedang mengembangkan hubungan kemanusiaan, membuka lembaga budaya dan pendidikan, serta menyelenggarakan pertukaran pelajar. Kedua negara memiliki pandangan yang sama dalam mempromosikan dunia multipolar berdasarkan peran koordinasi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

Sementara itu, Bolsonaro mengatakan, Brasil memiliki rasa solidaritas dengan Rusia. Kedua negara memiliki prospek kerjasama yang baik di berbagai bidang, khususnya pertahanan, minyak dan gas, serta pertanian.

“Saya yakin bahwa kunjungan saya ke Moskow merupakan sinyal bagi seluruh dunia bahwa hubungan bilateral kita memiliki prospek yang baik untuk berkembang. Kami siap bekerja sama, dan saya ingin menyampaikan keyakinan bahwa kunjungan dan pertemuan kami ini akan cukup produktif,” ujar Bolsonaro, dilansir Anadolu Agency, Kamis (17/2/2022).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement