Sabtu 19 Feb 2022 07:16 WIB

Stroberi Terberat Ditanam oleh Petani Israel

Stroberi terberat di dunia memiliki berat 289 gram

Rep: Dwina Agustin/ Red: Esthi Maharani
Stroberi
Foto: flickr
Stroberi

REPUBLIKA.CO.ID, TEL AVIV -- Petani Israel Chahi Ariel telah menanam stroberi terberat di dunia dengan berat 289 gram. Rekor ini pun telah dicatat dan diakui oleh Guinness World Records.

Peneliti di Institut Volcani Israel yang mengembangkan jenis varietas Ilan, Nir Dai, menyatakan Stroberi itu sekitar lima kali berat rata-rata buah beri biasa dari varietas lokal tersebut. Buah ini  memiliki panjang 18 cm dan lingkar 34 cm.

Ariel berharap menjadi pemenang ketika melihat seberapa besar buah itu tumbuh di pertanian keluarganya tahun lalu. Dia telah menunggu konfirmasi bahwa itu adalah rekor sambil menyimpan stroberi raksasa di dalam freezer sebagai bukti.

"Ketika kami mendengarnya, itu perasaan yang luar biasa. Saya melompat ke dalam mobil, tertawa dan bernyanyi," kata Ariel sambil menunjukkan sertifikatnya di laptop.

"Kami sudah menunggu ini sejak lama," ujarnya.

Menurut keterangan Guinness World Records, cuaca dingin yang tidak biasa pada awal 2021 memperlambat proses pematangan stroberi. Kondisi ini yang memungkinkan stroberi yang ditanam Ariel untuk terus bertambah berat.

Rekor sebelumnya dipegang oleh seorang petani Jepang. Dia menemukan stroberi seberat 250 gram dalam panennya pada 2015.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement