Kamis 24 Feb 2022 10:37 WIB

Duta Besar: Keanggotaan Ukraina di NATO Jawaban Terbaik untuk Agresi Rusia

Duta Besar Ukraina untuk Turki Bodnar menyambut baik sanksi baru terhadap Moskow

Website Anadolu Agency Memuat Ringkasan Berita-Berita yang Ditawarkan kepada Pelanggan  melalui Sistem Penyiaran Berita AA (HAS).  Mohon hubungi kami untuk memilih berlangganan.
Website Anadolu Agency Memuat Ringkasan Berita-Berita yang Ditawarkan kepada Pelanggan melalui Sistem Penyiaran Berita AA (HAS). Mohon hubungi kami untuk memilih berlangganan.

ANKARA --Dalam menghadapi langkah Rusia yang belum pernah terjadi sebelumnya terhadap Ukraina, negara itu harus diterima dalam aliansi NATO, kata duta besar Ukraina untuk Turki pada Rabu (23/2/2022)

"Jawaban terbesar untuk (agresi Rusia terhadap Ukraina) adalah memastikan keamanan benua Eropa dan menerima Ukraina ke dalam NATO," kata Vasyl Bodnar dalam konferensi pers di kediaman kedutaan.

Ketika ditanya apakah perang penuh bisa pecah, dia mengatakan informasi yang dia miliki menunjukkan bahwa Rusia tidak memiliki kemampuan, tetapi siap untuk operasi lokal dan provokasi di wilayah tertentu.

"Kami siap untuk skenario terburuk," ungkap dia.

Mengacu pada pengakuan Rusia atas wilayah yang dikuasai separatis di Ukraina timur dan penempatan pasukan di sana, Bodnar menyebut tindakan ini sebagai pelanggaran mencolok terhadap kedaulatan Ukraina dan hukum internasional.

Tindakan Moskow memperburuk krisis di kawasan itu, tambah dia.

Duta Besar Ukraina mengatakan upaya diplomatik dapat digunakan untuk menyelesaikan krisis yang sedang berlangsung dengan Rusia, dan dia memuji kesediaan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan untuk bernegosiasi dengan kedua negara.

“Untuk saat ini, kunci perdamaian adalah milik satu orang. Dan, dia adalah Putin. Memperluas agresi bersenjata atau kembali ke meja perundingan terserah dia,” tukas dia.

sumber : https://www.aa.com.tr/id/dunia/duta-besar-keanggotaan-ukraina-di-nato-jawaban-terbaik-untuk-agresi-rusia/2511861
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement